Presiden Donald Trump Umumkan Amerika Serikat 'Putus' dengan WHO

- Sabtu, 30 Mei 2020 | 11:27 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (abc.net.au)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (abc.net.au)

SEMARANGSELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi mengakhiri hubungan AS dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) per hari ini, Sabtu (30/5/2020).

"Kami hari ini akan memutuskan hubungan kami dengan WHO dan mengarahkan dana itu ke badan amal kesehatan masyarakat global lainnya," kata Trump di Gedung Putih seperti dikutip BBC, Sabtu (30/5/2020).

Trump menuding WHO gagal meminta pertanggungjawaban dari Tiongkok atas pandemi corona alias Covid-19. Bahkan, Trump menuduh Tiongkok memiliki kendali penuh atas WHO.

"Cina memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia. Dunia sekarang menderita sebagai akibat dari penyelewengan pemerintah Tiongkok," kata Trump.

AYO BACA : WHO Akhirnya Sepakat Adakan Investigasi Virus Korona

Dia menambahkan, Tiongkok telah memicu pandemi global yang menelan korban lebih dari 100 ribu jiwa di AS. Trump juga menudung Tiongkok menekan WHO untuk menyesatkan dunia tentang virus tersebut. 

Washington, kata Trump, bakal mengalihkan dana ke badan-badan lain. AS merupakan kontributor tunggal terbesar badan kesehatan global.

AS bahkan menyediakan dana lebih dari 400 juta dolar AS atau setara dengan Rp5,8 triliun pada 2019. 

Trump, yang berkampanye untuk pemilihan ulang tahun ini dan telah dikritik karena penanganan pandeminya sendiri, telah menyalahkan Cina karena menutupi wabah Tiongkok. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Bagaimana Nasib 2 WNI Korban Pesta Halloween Itaewon?

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:29 WIB
X