60% Desa di Kendal Tidak Taat Pajak

- Selasa, 11 Februari 2020 | 19:06 WIB
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Dari 286 desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal, ternyata baru sekitar 40% saja yang tertib membayar pajak, khsusunya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaaan dan Perkotaan (PBB-P2). Sementara 60% lainnya atau sekitar 170 desa dan kelurahan tidak taat pajak karena belum seluruhnya lunas.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, walaupun pendapatan PBB tahun 2019 melampaui target, namun masih belum maksimal. Pasalnya, dari 286 desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal, yang tertib pajak atau yang lunas PBB-nya hanya 116 desa dan kelurahan. 

"Saya berharap, kesadaran masyarakat membayar pajak semakin meningkat, karena seluruh hasil pendapatan pajak digunakan untuk pembangunan," jelasnya saat membuka sosialisasi penyampaian SPPT PBB-P2 tahun 2020 di Pendopo Bahurekso, Selasa (11/02/2020).

AYO BACA : Komisi D Pertanyakan Data Kemiskinan di Kendal

Sebagai upaya untuk meningkatkan pembayaran pajak ini, Pemkab Kendal memberikan kemudahan bagi wajib pajak. Pembayaran PBB di Kabupaten Kendal, tidak hanya melalui desa atau kelurahan, namun bisa dilakukan melalui Bank Jateng di Kendal, Indomart, Tokopedia, kantor pos dan Go Pay.  

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kendal, Agus Dwi Lestari mengatakan, pihaknya terus memperluas tempat pembayaran PBB. Saat ini pun sedang dalam proses untuk pembayaran PBB melalui BRI dan BPR BKK Kendal. Tujuannya untuk memudahkan wajib pajak melakukan pembayaran PBB. 

"Kemudahan pembayaran pajak terus dilakukan, sehingga pembayaran PBB bisa semudah membeli pulsa," katanya.

AYO BACA : Polisi: Lucinta Luna Positif Gunakan Benzodiazepine

 Agus Dwi mengatakan, bagi wajib pajak yang tepat waktu membayar PBB ada kesempatan mendapatkan hadiah undian. Untuk wajib pajak yang tepat waktu sampai 31 Oktober 2019 lalu, Pemkab Kendal memberikan hadiah undian utama sepeda motor dan hadiah lainnya seperti sepeda MTB, kulkas, televisi dan lainnya. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X