TPA Darupono Penuh, DLH Kendal Siapkan yang Baru

- Rabu, 12 Februari 2020 | 13:50 WIB
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal melakukan sosialisasi pembangunan TPA baru pengganti TPA Darupono yang sudah penuh. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal melakukan sosialisasi pembangunan TPA baru pengganti TPA Darupono yang sudah penuh. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono di Kecamatan Kaliwungu Selatan sudah tidak memungkinkan karena penuh dan sudah overload. Pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersiap membuat TPA baru pengganti TPA Darupono.

Mengurangi penumpukan sampah di TPA Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan, tahun 2020 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI akan membangun TPA baru di Kabupaten Kendal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal, Sri Purwati, melalui Sekretaris DLH Irwin Suryono mengatakan, di Kabupaten Kendal memiliki 2 TPA yakni di Desa Darupono dan Desa Pagergunung.

AYO BACA : Rumah Sakit di Kendal kini Layani Jampersal

Namun, TPA Darupono mengalami penumpukan yang sangat banyak karena menampung sampah dari beberapa kecamatan di wilayah timur Kabupaten Kendal.

"Untuk luasnya TPA Darupono itu sekitar 0,9 hektare, sedangkan TPA Pagergunung luasnya sekitar 1,5 hektare. Jika dipindah ke TPA Pagergunung, warga merasa kejauhan untuk membuang sampah" ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya TPA baru itu akan memiliki luas 6 hektare. Namun pada tahap pertama yang akan dibangun hanya seluas 1,5 hektare. Pembangunan TPA baru yang akan memakan anggaran sebesar Rp20 miliar itu dibangun di Kecamatan Kaliwungu Selatan dan tidak berada jauh dengan lokasi TPA Darupono pada 2020 ini.

AYO BACA : Di Hadapan Ganjar Pranowo, Pelaku Bom Bali 1 Beberkan Kesaksiannya

"Lokasi sesuai dengan persyaratan dan dekat karena lokasinya satu kilometer dari lingkungan pemukiman. Nantinya TPA itu menggunakan sistem Sanitay landfill dalam pengolahannya," terangnya

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Prioritas Desa Surokonto Wetan Kendal Tahun 2023

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:55 WIB

Pesan Kapolres kepada Bintara Remaja Polres Kendal

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:31 WIB

Sekolah di Kendal Mulai Jajaki Kurikulum Prototipe

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:16 WIB

Sosialisasi Program BP Jamsostek Lewat Ahli Waris

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:15 WIB

Aset Texmaco Grup di Kaliwungu Kendal Disita Negara

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:20 WIB

Kodim 0715 Kendal Gelar Program Vaksinasi Anak

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:25 WIB
X