DPUPR Kendal Kebanjiran Pengajuan Persetujuan IMB Rumah Ibadah Gratis

- Sabtu, 24 April 2021 | 13:40 WIB
Petugas Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal harus bekerja lembur setelah lebih dari 350 gambar diajukan untuk disetujui. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal harus bekerja lembur setelah lebih dari 350 gambar diajukan untuk disetujui. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Menyusul kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal yang memfasilitassi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk tempat ibadah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal kebanjiran gambar tempat ibadah untuk persetujuan.

Persetujuan dari DPUPR ini nantinya akan menjadi syarat dalam pengurusan IMB sebagai upaya tertibnya administrasi dan terhindar dari persoalannya dikemudian hari.

AYO BACA : Pemkab Kendal Mudahkan Perizinan Pembangunan Tempat Ibadah

Kepala DPUPR Sugiono bahwa keberadaan sebagai pemerintah punya kewajiban untuk membina tertib administrasi dalam hal ini adalah IMB.

"Maka, kalau kita amati bahwa tempat-tempat ibadah di Kabupaten Kendal kurang lebih ada 900 masjid dan 4.000 musala, serta beberapa gereja masih banyak yang belum memiliki IMB, hanya ada 5%-10% khusus untuk masjid, dan musala, dan sebagaian besar non muslim sudah ber IMB. Untuk itu pemerintah mendorong para pengelola agar segera mengajukan IMB," jelasnya, Sabtu 24 April 2021.

AYO BACA : Tips Hindari Asam Lambung Naik Selama Puasa

Dikatakan, sampai hari ini sudah ada 350 orang yang sudah mengajukan persetujuan gambar masjid dan Mmushola di DPUPR, dan sudah terkoreksi.  Sugiono  menargetkan, agar setiap desa minimal dapat mengajukan satu IMB.

"Minimal setiap desa bisa mengajukan satu IMB, dengan harapan sekitar 300 IMB bisa di terbitkan dalam waktu dekat ini. Sehingga ke depannya tempat badah, baik muslim dan non muslim di wilayah Kabupaten Kendal bisa lebih Baik dan nyaman lagi," tuturnya.

Seleumnya, Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan, rumah ibadah menjadi  penting keberadaannya. Karena selain untuk beribadah, juga dapat menjadi tempat untuk melakukan revolusi mental dan pembentukan karakter masyarakat yang religius.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

21 Tumpeng Ramaikan Tirakatan Desa Pucangrejo Gemuh

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB

Capaian Pembayaran PBB di Kendal Baru 21,92 Persen

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:05 WIB

Cegah Radikalisme, ini Pesan Dandim dan Bupati Kendal

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:50 WIB

IFI Kendal Ajak Masyarakat Sehat

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X