Cegah Infeksi Jamur Vagina dengan 5 Makanan Ini

- Sabtu, 22 Mei 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah masalah infeksi jamur vagina. (istimewa)
Ilustrasi, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah masalah infeksi jamur vagina. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Jika kamu memiliki masalah dengan jamur vagina, jangan risau. Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah masalah infeksi jamur vagina.

Setiap perempuan berisiko mengalami infeksi jamur vagina. Setidaknya 75% perempuan mengalami masalah tersebut setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Meski infeksi tersebut bukan penyakit menular seksual, namun bisa mengganggu karena muncul srbagai melainkan gangguan flora normal di area vagina. Akibatnya Anda bisa merasa gatal hingga sensasi panas pada vagina.

Melansir dari Healthsots, ada beberapa makanan yang bisa menghindari dari infeksi jamur vagina, antara lain:

AYO BACA : 5 Penyebab Vagina Tak Lagi Sensitif

1. Produk susu
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mycopathologia menemukan bahwa pada wanita dengan infeksi jamur yang menerima probiotik oral dan vagina, mirip dengan yang ada di keju, insiden infeksi ulang berkurang menjadi 31%.

“Makan makanan dengan organisme lactobacillus acidophilus, seperti yoghurt atau susu acidophilus, dapat membantu Anda dalam mencegah infeksi jamur,” kata Dr Namita Nadar, Kepala Ahli Nutrisi di Fortis Hospital Noida, India.

2. Minyak kelapa murni
Tidak seperti minyak kelapa biasa, minyak kelapa murni lebih segar, murni, dan bebas dari penyulingan kimiawi.
 
Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Tufts University menemukan bahwa minyak kelapa bisa sangat efektif melawan Candida albicans ragi patogen yang menyebabkan infeksi.

“Minyak kelapa adalah makanan yang baik untuk mengurangi infeksi jamur. Dan itu bisa digunakan secara lisan dan topikal," imbuh Dr Nadar.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

4 Tips Mudah Agar Program Diet Kamu Lebih Sehat

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:40 WIB

4 Bahaya Tidur dengan Kipas Angin yang Menyala

Senin, 23 Mei 2022 | 19:35 WIB
X