Polisi: Lucinta Luna Positif Gunakan Benzodiazepine

- Selasa, 11 Februari 2020 | 18:55 WIB
Lucinta Luna saat diperiksa di Polres Jakarta Barat (Istimewa)
Lucinta Luna saat diperiksa di Polres Jakarta Barat (Istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Soal penangkapan Lucinta Luna, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa hasil urine yang didapat, menunjukan artis transgender itu positif menggunakan Benzodiazepine.

"Dibawa ke Polres Jakbar dilakukan tes urine. Inisial LL positif benzo. Benzo itu masuk golongan psikotropikan. Tiga negatif," kata Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (11/2/2020).

AYO BACA : Tangkap Lucinta Luna, Polisi Temukan Tramadol dan Riklona

Seperti dilansir dari laman Web MD, Benzodiazepine disebut juga dengan nama benzo. Obat ini dikenal sebagai obat penenang dan sering diresepkan dokter di Amerika. Dokter biasa meresepkan benzo untuk kondisi medis seperti gelisah, insomnia, gangguan panik, pelemas otot, penarikan diri dari alkohol hingga kejang.

Sayangnya, benzo sering disalahgunakan. Memang kematian dan penyakit serius jarang terjadi akibat penyalahgunaan benzo. Jika benzo diminum dengan kombinasi alkohol dan obat lain, efeknya akan sangat berbahaya bahkan mematikan.

AYO BACA : Polsek Mijen Berhasil Ciduk Pengedar Pil Koplo

Sedangkan mengonsumsi benzo dosis tinggi dapat menghasilkan efek samping yang lebih serius. Tanda dan gejala toksisitas akut atau overdosis dapat meliputi kantuk, kebingungan, pusing, penglihatan kabur, lemah, bicara tidak jelas, sulit bernafas hingga koma.

Tak hanya itu saja, benzodiazepine dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis. Ketergantungan dapat menyebabkan kejang ketika dihentikan secara tiba-tiba.

Diketahui, Lucinta Luna sendiri diamankan Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, pada Selasa (11/2/2020). Dari situ polisi menemukan barang bukti di dalam tas Lucinta Luna dan tong sampah.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Telepon PM Kamboja, Jokowi Bicara Persoalan Myanmar

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:57 WIB
X