Bukan Hanya Pandemi Covid-19, Ibadah Haji Pernah Ditiadakan Karena Wabah Lainnya

- Rabu, 3 Juni 2020 | 07:28 WIB
Suasana Ka'bah di Makkah (istimewa)
Suasana Ka'bah di Makkah (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Jauh sebelum virus asal Wuhan yang dikenal dengan Covid-19 membayangi Makkah, sebenarnya berbagai wabah juga pernah menghampiri di Makkah.

Bahkan paparan ini dalam catatan sejarah lazim adanya. Dan wabah penyakit tersebut menimbulkan kematian dengan angka yang tinggi pada para umat muslim dunia yang tengah menunaikan haji.

Pada awal dekade 2010-an, tepatnya pada 2012 keluarga virus Corona muncul di Arab Saudi, yakni virus CoV. Penyakitnya disebut sebagai Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Orang di Arab lazim menyebut dengan nama 'flu onta'. Makkah sebagai pusat ibadah umat Islam tak lepas dalam penyebaran virus ini. 

Hingga saat ini, terdapat dugaan kuat bahwa unta Arab atau dromedaris adalah spesies kunci dari penyebaran wabah MERS ke manusia. Sejak muncul pertama kali pada 2012, MERS telah ditularkan ke ribuan orang di lebih dari 26 negara. 

AYO BACA : Kemenag Tak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun 2020

WHO menyebut, hingga November 2019, sekitar 2.494 kasus dilaporkan terkait MERS dengan 858 di antaranya sudah meninggal dunia. Sebagian besar kasus MERS terjadi di Saudi Arabia.

Namun, jauh sebelum MERS, sejumlah wabah juga sempat membayangi Tanah Suci. Menurut Encyclopedia of Plague and Pestilence from Ancient Times to the Present (2008) yang ditulis George Childs Kohn, kolera menjadi wabah langganan yang selalu datang ke Makkah. 

Kolera kerap kali dibawa oleh jemaah haji dari luar Arab Saudi, yang kemudian menularkan penyakit diare akibat infeksi bakteri itu ke para jemaah haji dari berbagai belahan dunia lainnya. Negara Rusia misalnya pada akhir 1800-an sangat mewaspadai jemaah haji dari negara yang pulang dari Makkah. Mereka melakukan pengawasan secara ketat kepada mereka. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Gernas BBI Pacu Pertumbuhan UMKM Papua

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:47 WIB
X