Tak Lolos Kartu Prakerja Berkali-kali? Diimbau Hubungi Dukcapil Terdekat

- Senin, 21 September 2020 | 06:36 WIB
Ilusrasi kartu prakerja (istimewa)
Ilusrasi kartu prakerja (istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Adanya peserta kartu prakerja yang gagal berkali-kali untuk menerima bantuan menjadi pertanyaan tersendiri. Pasalnya, mereka yang gagal merasa bahwa sudah menyelesaikan tes kemampuan dasar secara baik dan benar. 

Manajemen pelaksana kartu prakerja mempunyai beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan tersebut harus dimiliki dan diverifikasi terlebih dahulu, baik oleh peserta maupun manajemen pelaksana. 

Persyaratan yang harus dimiliki oleh peserta untuk menjadi penerima kartu prakerja antara lain, merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah atau berkuliah. 

AYO BACA : Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9 Tinggal 2 Hari, Jangan Terlewat!

Selain itu, ada ketentuan yang harus dilaksanakan oleh manajemen pelaksana prakerja pada setiap peserta yang mendaftar. Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, membeberkan hal ini. 

Dia mengatakan jika pihaknya harus melakukan filtrasi atau penyaringan terhadap data-data yang masuk. "Fungsi kami adalah melakukan filtrasi atau penyaringan berdasarkan parameter yang sudah ditetapkan," ungkap Louisa, Jumat (04/9/2020).

Ketika ditanya mengenai jenis apa saja yang termasuk dalam filterisasi itu, dia menjawab beragam. Filterisasi dimulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan lainnya. 

AYO BACA : Isemantic Udinus 2020 Wadahi Para Peneliti Saling Bertukar Informasi

Selain hal diatas, Louisa menuturkan pihaknya tetap memperhatikan latarbelakang peserta. Apakah mereka termasuk ke dalam daftar terlarang sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X