Lion Air Balik ke Bandara Asal Gara-gara Kontrol Kemudi Rusak

- Selasa, 30 Maret 2021 | 19:34 WIB
Ilustragsi, pesawat Lion Air (istimewa)
Ilustragsi, pesawat Lion Air (istimewa)

SURABAYA, AYOSEMARANG.COM -- Pesawat Lion Air terpaksa kembali ke bandara asal (return to base) akibat kerusakan pada kontrol kemudi setelah mengudara 20 menit.

Kejadian terjadi pada penerbangan JT-224 rute Surabaya-Banjarmasin pada Selasa (30/3/2021) dengan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGJ.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sebelum diterbangkan, teknisi serta pilot telah melaksanakan pengecekan pesawat dan menyatakan pesawat laik terbang dan beroperasi.

AYO BACA : Diskriminasi Kargo, Lion Air Group Didenda Rp3,3 Miliar

Namun, setelah 20 menit mengudara dari jadwal keberangkatan pukul 06.45 WIB, pilot memutuskan kembali ke bandar udara asal

"Hal tersebut dilakukan karena pilot mengetahui adanya indikator pada ruang kemudi (cokcpit) yang menunjukkan kemungkinan adanya gangguan pada kontrol kemudi sehingga tidak berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pemeriksaan terhadap pesawat udara di darat," ujar Danang dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Danang melanjutkan, pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 07.25 WIB.

AYO BACA : Piala Menpora 2021: Arema FC Lawan PSIS Sama Kuat 1-1 di Paruh Pertama

Setelah posisi pesawat berada pada tempatnya, yakni di landasan parkir (apron), seluruh penumpang yang  berjumlah 75 orang diarahkan dan dikembalikan ke ruang tunggu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X