Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17, Begini Cara Upload KTP

- Jumat, 28 Mei 2021 | 10:55 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17. (prakerja.go.id)
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17. (prakerja.go.id)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja telah selesai melakukan monitoring kepesertaan seluruh gelombang Kartu Prakerja di semester 1. Adapun, terdapat 5 gelombang di semester ini yaitu gelombang 12 hingga 16.

Saat ini tercatat 44.000 orang yang kepesertaannya dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama melebihi batas waktu yang ditentukan. Nantinya jumlah tersebut akan digunakan untuk kepesertaan di gelombang 17.

Hal itu disampaikan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu. Selain itu, dia juga memastikan bahwa tidak akan menambah kuota tersebut di gelombang 17.

"Ada 44.000 kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16. Ini masuk dalam gelombang tambahan (gelombang 17)," kata Louisa saat dikonfirmasi Ayojakarta, Senin 10 Mei 2021.

Lantas, kapan pembukaan gelombang 17 dilakukan? Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pihaknya sedang menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

"Tunggu saja pengumumannya. Namun yang jelas Gelombang 17 harus selesai di semester I. Kami sedang menunggu arahan KCK. Pasti kami infokan," kata Denni dalam jumpa persnya, Kamis 20 Mei 2021.

Namun sebelumnya, Louisa menuturkan bahwa jadwal pembukaan gelombang 17 akan diumumkan setelah pihaknya selesai melakukan rekonsiliasi data. Ayojakarta memprediksi bahwa pembukaan gelombang 17 tidak akan melewati akhir Juni 2021.

Nantinya, pendaftar yang lolos, berhak mendapatkan insentif uang tunai sebesar Rp3,55 juta dari program Kartu Prakerja.

Rincian insentif sebesar Rp3,55 juta yaitu Rp 1 juta untuk pembelian pelatihan (tidak dapat dicairkan), Rp600.000 selama 4 bulan yang akan dicairkan ke rekening masing-masing setelah menyelesaikan pelatihan, menerima sertifikat, dan memberikan rating atau ulasan, dan Rp150.000 untuk insentif survei, yang juga akan masuk ke rekening masing-masing.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X