Penyekatan Mudik 2021, Komisi IX DPR: Kebijakan yang Berkontribusi Turunkan Angka Penyebaran Covid-19

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:57 WIB
[ilustrasi] Petugas memberhentikan pemudik saat Operasi Ketupat 2021. Kebijakan penyekatan mudik Lebaran ini dinilai anggota Komisi IX DPR sangat efektif menekan penyebaran Covid-19. (Ayobandung/Kavin Faza)
[ilustrasi] Petugas memberhentikan pemudik saat Operasi Ketupat 2021. Kebijakan penyekatan mudik Lebaran ini dinilai anggota Komisi IX DPR sangat efektif menekan penyebaran Covid-19. (Ayobandung/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Kebijakan penyekatan mudik Lebaran 2021 yang dilaksanakan dalam bagian Operasi Ketupat  2021 dinilai mampu membantu menekan dan mengurangi penyebaran Covid-19.

Polri mengeluarkan kebijakan penyekatan tersebut di Jawa, Bali, dan Sumatera selama arus mudik maupun balik Lebaran 2021.

Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska menjelaskan, operasi penyekatan tersebut dinilai efektif ikut mencegah ledakan virus corona lantaran pada saat arus mudik dan arus balik, polisi telah melakukan pendekatan tegas namun humanis kepada masyarakat.

"Penyekatan tersebut tentu berkontribusi bagi penurunan potensi angka penyebaran Covid-19," kata Darul di Jakarta, melalui keterangan resmi, Jumat 4 Juni 2021.

AYO BACA : Kronologi 22 Anggota Polsek Cilongok Banyumas Tertular Covid-19

Selama penyekatan pemudik, Polri melakukan operasi terhadap kendaraan luar kota yang masuk ke kota lain yang dituju. Selain itu, petugas di lapangan juga melakukan swab antigen terhadap masyarakat yang kedapatan nekat mudik dan terjaring razia.

"Karena pada waktu penyekatan juga dilakukan pemeriksaan surat keterangan atau bukti negatif Covid-19," ujar Darul.

Menurut dia, operasi penyekatan aparat kepolisian memang masih terdapat beberapa catatan untuk proses evaluasi kedepannya. Tetapi, kata Darul, dengan adanya kebijakan tersebut dapat mengurangi paparan Covid-19 yang jauh lebih tinggi.

Dengan kata lain, apabila tidak diterapkannya kebijakan penyekatan maka pertumbuhan virus Covid-19 dewasa ini akan jauh lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X