Tim PKM UPGRIS Beri Pelatihan Open Journal System pada Guru SD di Demak

- Rabu, 1 Desember 2021 | 10:08 WIB
 Tim PKM dari Universitas PGRI Semarang memberikan pelatihan bagi guru-guru SD Negeri Karangtowo Demak dalam penulisan artikel jurnal dan open journal system (ojs).  (dok UPGRIS)
Tim PKM dari Universitas PGRI Semarang memberikan pelatihan bagi guru-guru SD Negeri Karangtowo Demak dalam penulisan artikel jurnal dan open journal system (ojs). (dok UPGRIS)


Guru merupakan salah satu komponen utama yang menentukan kualitas pendidikan, maka dari itu guru dituntut untuk dapat meningkatkan profesionalitasnya.
Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah kiat dalam publikasi artikel ilmiah. Publikasi artikel pada jurnal tidak hanya menjadi tuntutan dosen.

Sebagaimana tertulis dalam PerMenPAN-RB Nomor 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru, publikasi artikel ilmiah juga menjadi salah satu syarat dalam kenaikan jabatan fungsional guru.

Secara lebih luas publikasi ilmiah juga berguna untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan gagasannya kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan kritis tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Bikin Haru !! Sambut Adiknya Rayyansa Malik Ahmad, Rafathar Bikin Nagita Slavina Terharu

Masalah yang masih dialami oleh sebagian besar guru SD adalah belum mampu mempublikasikan hasil penelitian tindakan kelas atau penelitian tindakan sekolah yang mereka buat pada sebuah jurnal secara open journal system (ojs). Open journal system sendiri adalah platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online.

Mulai dari sebuah manuscript dikirim oleh penulis, proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal, semuanya bisa dilakukan dengan ojs. 

Guru-guru di SD Negeri Karangtowo masih awam dengan ojs. Selama ini mereka hanya “titip” dan rela membayar mahal agar artikel mereka bisa terbit di sebuah jurnal. Ini menjadi hambatan bagi guru untuk menaikkan jabatan fungsional mereka. Padahal tidak semua submit artikel jurnal membutuhkan biaya mahal sampai berjuta-juta.

Pembuatan manuscript pun tidak sulit. Sebagaimana disampaikan oleh Marwoto, dkk. (2013) pada dasarnya membuat manuscript sama dengan menulis laporan penelitian, perbedaannya adalah artikel ilmiah disusun lebih ringkas. Setiap jurnal juga sudah menyediakan template dan tatacara untuk submit sehingga memudahkan pada author untuk memasukkan manuscript pada jurnal mereka.

Tim PKM dari Universitas PGRI Semarang memberikan pelatihan bagi guru-guru SD Negeri Karangtowo Demak dalam penulisan artikel jurnal dan open journal system (ojs). (dok UPGRIS.)

Berdasarkan masalah tersebut, Tim PKM dari Universitas PGRI Semarang yang terdiri atas Mira Azizah, M.Pd., Prasena Arisyanto, M.Pd., Qoriati Mushafanah, M.Pd., dan Ari Widyaningrum, M.Pd., memberikan pelatihan bagi guru-guru SD Negeri Karangtowo Demak dalam penulisan artikel jurnal dan open journal system (ojs).

Baca Juga: Waspada Varian Omicron, Sebaiknya Tetap Pakai Masker Dalam Ruangan

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wedang Ronde, Budaya Kuliner Tionghoa di Nusantara

Selasa, 28 Desember 2021 | 13:46 WIB

Mencermati YouTubers Politik

Senin, 27 Desember 2021 | 16:32 WIB

Badan Layanan Umum Daerah, SKPD Spesial

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:53 WIB

Kategori Mendidik Keblinger

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:24 WIB

Menguatkan Sektor Pendidikan Dalam Upaya Belanegara

Senin, 13 Desember 2021 | 13:00 WIB

BEM UPGRIS Peduli Desa di Jragung Karangawen, Demak

Senin, 6 Desember 2021 | 14:41 WIB

Mengenal TPQ Darul Kafalah Demak

Senin, 6 Desember 2021 | 14:31 WIB

Mencermati Informasi Asumtif

Senin, 29 November 2021 | 12:16 WIB

Hikmah Diterapkannya PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 18:33 WIB

Tanamkan Rasa Dalam Hubungan

Senin, 22 November 2021 | 09:59 WIB

Sulitnya Mencari Penerus Dalang Wayang Potehi

Rabu, 17 November 2021 | 15:56 WIB

Berpihak pada Korban Revenge Porn

Rabu, 17 November 2021 | 13:58 WIB

Menyoal Keinferioran Pemirsa

Minggu, 14 November 2021 | 20:33 WIB

Menyudahi Budaya Plagiarisme

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:54 WIB
X