Fakultas Kedokteran Unika Beri Pelatihan Garda Terdepan

- Jumat, 10 April 2020 | 14:24 WIB
Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata, dr. Indra Adi Susianto, M.Si.Med, Sp.OG saat menyampaikan materi pelatihan. (dok)
Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata, dr. Indra Adi Susianto, M.Si.Med, Sp.OG saat menyampaikan materi pelatihan. (dok)

AYOSEMARANG.COM -- Pandemi COVID-19 berimbas pada peningkatan kebutuhan Alat Pelindung Diri ( APD). Kejadian yang tidak terprediksi ini menyebabkan seluruh dunia mengalami krisis, dimana petugas kesehatan kekurangan APD. Kondisi tersebut menyebabkan tenaga medis harus menggunakan APD seadanya saat menangani pasien sehingga kualitas pelayanan kesehatan tidak seperti sebelum pandemi.

Pahlawan kesehatan mengorbankan jiwa raganya dan berguguran dalam menangani lonjakan jumlah pasien sebagai dampak pandemi. Hal ini cukup membuat hati terluka karena jumlah pahlawan kesehatan masih kurang dan belum terdistribusi merata di seluruh Indonesia. Menjaga dan menjamin keselamatan kerja pahlawan kesehatan merupakan suatu prioritas di Indonesia.

Berdasarkan informasi tersebut Fakultas Kedokteran Soegijapranata membentuk Tim FK Unika Peduli pada tanggal 29 Maret 2020 yang tergerak untuk membantu kebutuhan vital petugas medis di garda terdepan dengan pemberian APD serta melakukan berbagai pelatihan pemakaian APD agar tetap maksimal dalam melayani pasien ditengah pandemi.

Tim FK Unika Peduli dengan bantuan para dermawan sebagai donator telah melakukan distribusi APD berupa 500 coverall (baju pelindung), face shield (pelindung wajah), vitamin dan hand sanitizer yang diproduksi secara bertahap dan lolos uji coba agar efektif untuk pencegahan infeksi.

Distribusi APD ditujukan ke 37 puskesmas di Kota Semarang. Penetapan distribusi ini mempertimbangkan agar kinerja puskesmas sebagai garda terdepan dalam pemberi pelayanan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif tetap maksimal dimasa pandemic dan akan terus akan didistribuskan lebih luas ke beberapa wilayah DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan Terluar) dimana ketersediaan APD sangat minimal.

FK Unika Peduli tidak henti melakukan pengabdian yang merupakan tridarma perguruan tinggi yaitu membangun jiwa sosial dan kreatifitas dengan mengorganisir koordinator lapangan, donatur, distribusi bantuan dan sebagainya.

FK Unika Soegijapranata mendidik para mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk belajar untuk mengetahui kebutuhan lapangan menjadi inisiator dalam memberikan bantuan, meningkatkan status kesehatan masyarakat dan menyadarkan bahwa pandemi ini bisa teratasi dengan kerjsama semua pihak.

Penulis: dr Jessica Christanti M Kes / Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. 

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Lomba Justifikasi

Kamis, 15 September 2022 | 07:46 WIB

Pemilik Frequensi dan Pelengkap Penderita

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:38 WIB

Di Balik Ego dan Kolektivitas Etnis

Kamis, 7 Juli 2022 | 11:08 WIB

Mudik, Thomas Cup, dan Sea Games

Senin, 16 Mei 2022 | 19:23 WIB

Kebijakan Cukai Minuman Berpemanis di Indonesia

Senin, 25 April 2022 | 19:43 WIB

Efisienkah Tilang Elektronik di Kota Solo?

Senin, 25 April 2022 | 19:30 WIB

Menyoal Kenaikan Harga Pertamax

Senin, 25 April 2022 | 13:59 WIB

PPN Naik Menjadi 11%, Tepatkah Kebijakan Ini?

Senin, 25 April 2022 | 12:43 WIB

Kripto Untuk Siapa?

Senin, 18 April 2022 | 11:26 WIB
X