Mengisi Kemerdekaan di Era New Normal

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:34 WIB
Anisa Rachma Agustina, Mahasiswa Prodi PAI Pengiat literasi Pena Aswaja Stainu Temanggung
Anisa Rachma Agustina, Mahasiswa Prodi PAI Pengiat literasi Pena Aswaja Stainu Temanggung

AYOSEMARANG.COM-- Sekarang kita memasuki era new normal, meskipun covid belum dinyatakan benar-benar hilang dari muka bumi, namun pemerintah telah mencanangkan new normal, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Penggunaan masker, menjaga jarak antara satu dengan yang lain, menjaga kebersihan, dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan tetap waspada terhadap dunia sekitar. Keberadaan korona sendiri melumpuhkan berbagai macam kegitan. Seperti sekolah yang masih diadakan menggunakan sistem daring, dan sebaian kegiatan perekonomian masih tersendat, meskipun sebagian yang lain juga mulai menyesuaikan dengan era new normal.

Kegiatan yang mengumpulkan masa dengan jumlah banyak juga masih jarang diadakan, meskipun sebagian yang mengadakan hajatan, seperti pernikahan maupun pesta tetap mempertimbangkan protokol yang telah disusun. Termasuk kegiatan dalam mengisi kemerdekaan. 17 Agustus identik dengan perlombaan dan juga ajang berkreasi. Masyarakat mengadakan berbagai macam perlombaan untuk menyambut dan memeriahkan perayaan kemerdekaan.

Lomba yang diadakn sangat beragam, setiap kampung mengadakan lomba yang dibina oleh pemuda dan karang taruna tiap desa. Bukan hanya menarik perhatian pemuda namun perlombaan ini juga memuat peserta dari kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu. Misalnya lomba balap karung yang sering diadakan di desa yang diikuti oleh ibu-ibu, akan terdengar gelagat tawa para suporter yang memberi semangat sekaligus tawa yang mengelegar dikarenakan ibu-ibu yang berpostur gemuk masuk kedalam karung lalu melompat.
 
Lomba memasak antar dawis yakni perkumpulan ibu arisan dalam satu RT biasanya akan ditentukan tema dari masakan, lalu ibu-ibu akan memasak dan mendekor masakan mereka seolah-olah hidangan hotel berbintang, dengan berbagai hiasan yang sangat cantik dan menarik. Lalu dewan juri yang telah dipilih akan mengumumkan juaranya. 

Ada juga lomba sepak bola daster yang diikuti para bapak-bapak yang mengenakan daster sang istri. Kemeriahan dan sorak-sorak penonton membuat gaduh dan riuh. Belum lagi bapak-bapak yang mengenakan daster nampak lucu dan membuat sebagian penonton tertawa terbahak-bahak. Lomba panjat pinang juga selalu hadir di tenggah perlombaan yang lain.

Dengan hadiah yang digantung diatas, berbagai macama hadiah ditawarkan yang menarik minat para peserta. Bermandi oli, menjadi pijakan oleh rekannya tidak menjadi masalah asalkan bisa sampai atas dan meraut hadiah yang tergantung.

AYO BACA : Akankah Semua Siswa Merdeka Belajar di Era New Normal?

Lomba yang lain adalah lomba untuk anak-anak biasana diadakan lomba makan kerupuk, dan juga lomba mengambil uang di buah semangkan  yang dilumuri dengan oli. Semangat para peserta,  panitia, maupun penonton melambangkan semnagat nasionalisme, sebagai salah satu wujud merayakan kemerdekaan Republik Indonesi. Berbagai pagelaran budaya juga dihaturkan sebagai media konserfasi sekaligus melestarikan budaya. 

Upacara Virtual

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Mudik, Thomas Cup, dan Sea Games

Senin, 16 Mei 2022 | 19:23 WIB

Kebijakan Cukai Minuman Berpemanis di Indonesia

Senin, 25 April 2022 | 19:43 WIB

Efisienkah Tilang Elektronik di Kota Solo?

Senin, 25 April 2022 | 19:30 WIB

Menyoal Kenaikan Harga Pertamax

Senin, 25 April 2022 | 13:59 WIB

PPN Naik Menjadi 11%, Tepatkah Kebijakan Ini?

Senin, 25 April 2022 | 12:43 WIB

Kripto Untuk Siapa?

Senin, 18 April 2022 | 11:26 WIB

Belajar Tanpa (Merasa) Digurui

Senin, 18 April 2022 | 11:05 WIB

Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Minggu, 17 April 2022 | 18:54 WIB

Tentang Daftar Pustaka

Minggu, 17 April 2022 | 18:43 WIB

Sejarah Singkat Ceng Beng Atau Ziarah Kubur

Kamis, 14 April 2022 | 15:45 WIB

Klitih dan Utopia Penegakan Hukum Pelaku Anak

Kamis, 7 April 2022 | 11:19 WIB

Menyikapi dan Mewaspadai Informasi

Minggu, 3 April 2022 | 20:56 WIB

Mencermati Perhelatan MotoGP Mandalika

Senin, 21 Maret 2022 | 19:12 WIB

Falsafah Menulis

Selasa, 8 Maret 2022 | 12:14 WIB
X