Buat Aplikasi, Guru SD Al Azam Juarai Lomba Pembelajaran Kreatif

- Minggu, 28 November 2021 | 22:16 WIB
Hesti Ekarini (ke-3 dari kanan) saat menerima penghargaan Lomba Pembelajaran Kreatif bagi Guru PAUD dan SD di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes. (dok pribadi)
Hesti Ekarini (ke-3 dari kanan) saat menerima penghargaan Lomba Pembelajaran Kreatif bagi Guru PAUD dan SD di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes. (dok pribadi)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Guru SD Al Azam Hesti Ekarini meraih juara II Lomba Pembuatan Pembelajaran Kreatif bagi Guru PAUD dan SD yang diselenggarakan Labschool Universitas Negeri Semarang (Unnes). Penghargaan diterima di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes, belum lama ini.

Hesti mengikuti lomba dengan mengirimkan praktik baiknya dengan membuat aplikasi for android (APK). Dia membuat aplikasi itu dari power point yang dialihkan ke dalam aplikasi.
“Adapun materinya saya mengambil mata pelajaran IPA kelas IV tentang sifat-sifat cahaya,” kata Hesti di kantor guru SD Al Azam, Jalan Ketileng Indah Utara III, Semarang, Minggu 28 November 2021.

Baca Juga: Tuning Gitar Nggak Ribet, Bisa Lewat Google Search
Hesti mengatakan bahwa masa pandemi yang belum segera selesai harus disikapi dengan membuat model dan media pembelajaran yang lebih kreatif. Untuk itu, dia membuat aplikasi yang bisa diterapkan dalam pembelajaran di kelas.


“Kebetulan ada lomba yang digelar oleh Labschool Unnes. Lalu saya mencoba mengikuti dengan mengirimkan aplikasi yang saya gunakan dalam praktik pembelajaran. Alhamdulillah bisa masuk dalam dua besar,” ujarnya.

Baca Juga: Tips Cara Mengetik 10 Jari pada Keyboard Komputer, Yuk Latihan
Sementara itu, Kepala SD AL-Azam, Muhammad Zamroni, M.Pd, mengatakan bahwa sekolahnya menyikapi masa pandemi ini dengan mendorong guru-guru melakukan pembelajaran secara kreatif dan inovatif. Siswa tidak boleh bosan dengan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Jeruk untuk Kesehatan Tubuh
“Kami bersyukur dan berterima kasih karena salah satu guru kami berhasil mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dilakukan sebagai praktik baik di kelas,” ungkap Zamroni.***

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Keuntungan Siswa Jika Lolos SNMPTN 2022

Jumat, 14 Januari 2022 | 07:21 WIB
X