UIN Walisongo Buka Wacana Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

- Selasa, 21 Januari 2020 | 19:26 WIB
Rapat Kerja (Raker) Universitas Islam Negeri Walisongo Tahun 2020 di Hotel Laras Asri, Salatiga, Selasa (21/1/2020). (dok)
Rapat Kerja (Raker) Universitas Islam Negeri Walisongo Tahun 2020 di Hotel Laras Asri, Salatiga, Selasa (21/1/2020). (dok)

NGALIYAN.AYOSEMARANG.COM -- Universitas Islam Negeri (UIN) membuka wacana tugas akhir mahasiswa tanpa skripsi. Mahasiswa bisa membuat karya lain yang sepadan dengan skripsi sebagai syarat kelulusan.

AYO BACA : DPR RI Bentuk Panja, Prioritaskan Kasus Jiwasraya hingga Asabri

Wacana tersebut digaungkan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Prof Dr H Imam Taufiq. Menurutnya, tugas akhir mahasiswa tidak hanya sebatas skripsi saja.

AYO BACA : Hartopo Prihatin Tanah Warga di Tengah Lahan Perusahaan, Tukar Guling Jadi Solusi

"Tugas akhir bisa tidak dengan skripsi, tapi bisa dengan bentuk yang lain. Bisa buat rancang bagun, itu bisa mengganti skripsi. Program android, perangkat astronomi, dan lainnya," ujarnya dalam pembukaan Rapat Kerja (Raker) Universitas Islam Negeri Walisongo Tahun 2020 di Hotel Laras Asri, Salatiga, Selasa (21/1/2020).

Menurut Imam, di zaman modern ini, perguruan tinggi harus adaptif menerima perubahan. Salah satunya pada pemberlakuan tugas akhir bagi mahasiwa.

Dijelaskannya, pembukaan opsi tersebut dilakukan untuk meningatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa. Ia menambahkan, jika sudah saatnya memang dilakukan pengembangan terkait tugas akhir.

"Contohnya, membuat rancang bangun temuan teknologi, kalau itu dianggap monumental atau layak bisa juga, atau rancang bangun astronomi, itu kan bisa lebih hebat ketimbang skripsi,” katanya.

AYO BACA : Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku Pelecehan Seksual di Gang Sepi

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

PBSI UPGRIS Gelar Enam Pementasan Drama

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:04 WIB

5 Keuntungan Siswa Jika Lolos SNMPTN 2022

Jumat, 14 Januari 2022 | 07:21 WIB
X