Relawan Pengungsi Merapi Rapid Test Cegah Penularan Covid-19

- Selasa, 10 November 2020 | 10:50 WIB
Relawan pengungsi merapi terapkan protokol kesehatan (dok)
Relawan pengungsi merapi terapkan protokol kesehatan (dok)

SLEMAN, AYOSEMARANG.COM -- Tim gugus tugas bersama Dinas Kesehatan terus melakukan upaya memutus rantai penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Sleman, salah satunya dengan mengadakan rapid test bagi para relawan dan petugas BPBD, yang membantu para pengungsi Gunung Merapi di Glagaharjo, Cangkringan.  

Meski dalam kondisi darurat siaga merapi, namun penerapan protokol kesehatan di lingkungan barak pengungsian tetap menjadi perhatian pemerintah, khususnya dalam mencegah kemungkinan penularan Covid-19. 

AYO BACA : 3 Pengungsi Merapi di Magelang Reaktif Covid-19 Langsung Dirawat

Rapit test ini mendapat antusias dari para relawan, salah satunya Sunardi, relawan dari Tagana yang bertugas mengurusi dapur umum bagi para pengungsi. 

Dengan mengikuti rapid test, dirinya bisa mengetahui kondisi kesehatan sehingga tidak khawatir saat berinteraksi dengan warga maupun para pengungsi di Glagaharjo.

AYO BACA : DPRD Kendal Berharap DAK untuk Tunjang Pembangunan 2021

“Menurut saya sangat bagus untuk apa yang dilakukan pemerintah, dengan member masker dan memperhatikan kesehatan teman-teman.” Ujarnya.

Dinas Kesehatan sengaja menyasar rapid tes bagi para Petugas BPBD, Tagana, Basarnas maupun relawan lainya karena sebagian besar mereka justru berasal dari luar Desa Glagaharjo. 

Sementara untuk pengungsi yang berasal dari Dusun Kalitengah Lor ini belum akan dilakukan rapit test karena mereka berasal dari wialyah zona hijau.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X