5% Nakes di DIY Tak Lolos Vaksinasi Covid-19 Akibat Hipertensi

- Selasa, 26 Januari 2021 | 07:11 WIB
Ilustrasi seorang tenaga kesehatan tengah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 (Ayosemarang/Budi Cahyono)
Ilustrasi seorang tenaga kesehatan tengah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 (Ayosemarang/Budi Cahyono)

YOGYAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 22.180 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, sekitar 5% dinyatakan tidak lolos sebagai penerima vaksin Covid-19. Kebanyakan dari mereka mengalami penyakit hipertensi. 

Selain itu, ada di antara mereka yang tengah hamil dan menyusui serta mengalami kekhawatiran untuk divaksin.

"Kebanyakan mereka yang hipertensi karena khawatir divaksin dan mengalami kelelahan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie dalam diskusi daring dengan DPRD DIY, Senin (25/1/2021).

Pembajun mengakui, para nakes mengalami kelelahan yang luar biasa selama setahun terakhir, apalagi saat ini kasus Covid-19 terus saja bertambah cukup signifikan, diiringi munculnya berbagai persoalan lain.

AYO BACA : Nakes yang Sudah Divaksin Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Kendala munculnya penyahit hipertensi ini ternyata tidak hanya terjadi pada nakes di DIY. Dari laporan sejumlah daerah saat pertemuan virtual dengan Kemenkes pun, nakes dari provinsi lain juga mengalami kendala yang sama.

"Hampir semua daerah di indonesa, SDM (sumber daya manusia) nakes juga mengalami hipertensi karena lelah bekerja. Ini memberikan gambaran, SDM nakes memberikan pelayanan yang berharga dalam pelayanan Covid-19," paparnya.

Sementara itu, Ketua Komda Pengkajian Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Meineni Sitaresmi mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM. Karenanya, vaksin ini aman diberikan pada masyarakat karena sudah melalui 3 fase penelitian.

"Vaksin itu aman dan punya efekasi yang tinggi, melebih dari yang disyaratkan WHO hingga 64%," jelasnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Bom, Tapi....

Senin, 26 September 2022 | 06:52 WIB
X