Berkunjung ke Solo, Wakil Ketua Ombudsman Minta Pelayanan Publik di Jateng Harus Optimal

- Jumat, 28 Mei 2021 | 07:39 WIB
Wakil Ketua Ombudsman RI Ir. Bobby Hamzar Rafinus menegaskan jika pelayanan publik di Jateng harus ditingkatkan. (Dok)
Wakil Ketua Ombudsman RI Ir. Bobby Hamzar Rafinus menegaskan jika pelayanan publik di Jateng harus ditingkatkan. (Dok)

SOLO, AYOSEMARANG.COM -- Wakil Ketua Ombudsman RI, Ir Bobby Hamzar Rafinus MIA, berkunjung ke Jawa Tengah dan melakukan monitoring pelayanan publik. Salah satunya yang dipantau Bobby adalah Mall Pelayanan Publik Surakarta.

Kata Bobby esensi keberadaan ayosemarang.com/tag/mall-pelayanan-publik">mall pelayanan publik adalah untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan.

"Selama masa pandemi laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI mengalami peningkatan, sejak Januari dan mendekati pertengahan tahun 2021 tercatat dalam statistik Simpel Ombudsman sebanyak 5.957 laporan yang masuk ke Ombudsman secara nasional, untuk Perwakilan Jawa Tengah sendiri sejumlah 241 laporan masyarakat yang masuk,” jelasnya, Kamis 27 Mei 2021.

AYO BACA : Provinsi Jateng Telurkan Inovasi Pelayanan Publik di Tengah Pandemi

Bobby kemudian memaparkan dalam rangka meningkatkan pelayanan penerimaan laporan dan konsultasi melalui daring di masa pandemi, Ombudsman membuka pengaduan daring setiap hari Kamis. Selain itu, Ombudsman juga terus meningkatkan pelayanan penerimaan prima selama pandemi agar bisa menjangkau semua masyarakat.

 “Dengan mekanisme PVL on the Spot dimana Ombudsman turun langsung membuka gerai pengaduan dengan jemput bola langsung ke masyarakat”, sambungnya.

Lalu kata Bobby juga, Ombudsman dalam pelayanan prima adalah menguatkan mekanisme Respon Cepat Ombudsman (RCO) untuk substansi di sektor pelayanan air, listrik, infrastruktur, BPJS Kesehatan, BPJS Tenaga Kerja dan THR/Hak Pekerja.

AYO BACA : Banyak Proyek Pembangunan, Jateng Masih Pesimistis Naikkan Ekonomi

Ombudsman dalam waktu dekat ini akan melakukan Penilaian Kepatuhan. Tidak menutup kemungkinan apabila produk layanan yang dinilai oleh Ombudsman terdapat di MPP, maka MPP akan dilakukan pengambilan nilainya,

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Puan Beri Pengarahan Pengurus DPC PDIP Boyolali

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:03 WIB

Lapas Kelas II Batang Ajari Warga Binaan Ternak Itik

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:58 WIB

Kunjungi Polda Jateng, Ini Pesan Kadiv Propam Polri

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:15 WIB
X