Keuskupan Agung Perpanjang Masa Darurat Peribadahan di Semarang

- Selasa, 26 Mei 2020 | 21:38 WIB
Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko (YouTube/Keadilan, Perdamaian, Keutuhan Ciptaan)
Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko (YouTube/Keadilan, Perdamaian, Keutuhan Ciptaan)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Uskup Agung Semarang, Robertus Rubiyatmoko mengatakan, masa darurat peribadahan akibat pandemi Covid-19 di Semarang diperpanjang. 

Dia menjelaskan, kegiatan peribadahan harian maupun mingguan yang menghadirkan banyak orang di gereja tetap ditiadakan dan diganti dengan kegiatan ibadah lewat live streaming atau dalam jaringan (daring).  

AYO BACA : Rayakan Natal, Uskup Agung Semarang Ingin Sesuai Deklarasi Abu Dhabi

"Perpanjangan masa darurat menyertakan peniadaan atau penundaan berbagai kegiatan kegerejaan yang melibatkan banyak orang," kata Uskup Agung Semarang, Robertus Rubiyatmoko di Semarang, Selasa (26/5/2020).

Menurutnya, perpanjangan masa darurat peribadahan berlaku mulai 1 Juni 2020 hingga ada keputusan baru tentang hal ini. Dan selama masa darurat, perayaan Ekaristi harian maupun mingguan dilaksanakan lewat siaran langsung yang bisa diikuti oleh umat dari tempat tinggal masing-masing.

AYO BACA : Update: 702 Orang di Jateng Sembuh dari Covid-19

"Dalam perayaan Ekaristi secara daring tidak diperkenankan menghadirkan umat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," tandasnya.

Uskup Agung Semarang, Robertus Rubiyatmoko menambahkan, bahwa pertemuan umat secara langsung di tingkat lingkungan, paroki, kevikepan, dan keuskupan juga ditiadakan, diganti koordinasi serta rapat lewat daring.

Kegiatan besar yang rencananya dilaksanakan Mei hingga Juni dibatalkan atau ditunda, termasuk Kongres Ekaristi Keuskupan IV, Pertemuan Pastor Paroki dan Vikaris Parokial, Hari Studi Dewan Pastoral Keuskupan Agung Semarang, serta penerimaan Sakramen Tahbisan dan Penguatan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Prioritas Desa Surokonto Wetan Kendal Tahun 2023

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:55 WIB

Jelang Imlek, Produksi Hio Swa di Semarang Meningkat

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:55 WIB
X