UDD PMI Semarang Kesulitan Cari Pendonor Plasma Konvalesen

- Senin, 14 September 2020 | 16:52 WIB
Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang dr Anna Kartika. (Ayosemarang.com/Vedyana)
Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang dr Anna Kartika. (Ayosemarang.com/Vedyana)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mencatat saat ini pendonor plasma konvalesen di Semarang masih terbilang sedikit. 

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang dr Anna Kartika mengatakan, dari Juli-September 2020 ini, UDD PMI Kota Semarang telah membantu proses donor darah dari 11 pendonor darah plasma konvalesen.

Untuk pendonor darah konvalesen di Semarang memang belum terlalu banyak, karena kita juga susah nyari pendonornya, ujarnya saat ditemui di kantor UDD PMI Kota Semarang, Senin (14/9/2020).

AYO BACA : 3 Pekerja Tewas dalam insiden Lubang Batu Bara Sawahlunto

Anna menambahkan, dalam pengambilan darah konvalesen, UDD PMI Semarang lebih banyak membantu prosesnya saja. Sedangkan pendonor sendiri didatangkan dari pihak rumah sakit yang membutuhkan.

Untuk pendonor sendiri biasanya didatangkan dari pihak rumah sakit. Karena pihak rumah sakitlah yang punya data pasien yang sembuh dan mau mendonorkan darahnya. Kita membantu proses donornya dengan alat Apheresis, imbuhnya.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bagi pendonor plasma konvalesen. Mulai dari si pendonor sudah pernah terinfeksi COVID-19 dan dinyatakan sembuh dengan hasil swab PCR negatif minimal 1 kali, berusia 18-60 tahun dan punya berat badan lebih dari 55 kilogram. 

AYO BACA : Ini Alasan Subsidi Gaji Tahap 3 Belum Ditransfer ke Rekening

Kita utamakan pendonor laki-laki. Karena untuk pendonor perempuan harus ada pemeriksaan lebih lanjut lanjut dahulu. Lalu syarat lain, pendonor harus punya antibodi untuk netralisir virus Corona perbandingannya 1:60. Kalau perempuan minimal belum pernah hamil, katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Prioritas Desa Surokonto Wetan Kendal Tahun 2023

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:55 WIB

Jelang Imlek, Produksi Hio Swa di Semarang Meningkat

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:55 WIB
X