Produk Sarang Burung Walet Jateng Capai Ekspor Lebih dari Satu Triliun

- Kamis, 21 Januari 2021 | 15:22 WIB
Pameran Natural Products Expo East (NPEE), Baltimore, Amerikat Serikat. (Istimewa)
Pameran Natural Products Expo East (NPEE), Baltimore, Amerikat Serikat. (Istimewa)

SEMARANG UTARA, AYOSEMARANG.COM -- Sarang burung walet menjadi salah satu produk ekspor unggulan dari Jawa Tengah sejak beberapa tahun terakhir.

Balai Karantina Pertanian Kelas IA Semarang mencatat di tahun 2020, ekspor sarang burung walet mencapai 64 ton dengan transaksinya mencapai sekitar Rp1,4 triliun.

AYO BACA : Mendag Enggar Lobi Tiongkok Cabut Retsriksi Impor Buah dan Produk Perikanan

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas IA Semarang, Parlin Robert Sitanggang mengatakan, produk sarang burung walet, selama ini dihasilkan oleh para peternak di Kabupaten Demak, Magelang, Rembang dan Kota Semarang.

Sarang burung walet ibarat emas putih, nilai jual yang sangat tinggi. Untuk itu kegiatan ekspornya kita akan kebut terus, ujarnya dalam keterangan suara, Kamis (21/1/2021).

AYO BACA : Terbuka, Pasar Ekspor Rempah dan Sarang Burung Walet ke AS

Parlin menambahkan, sejumlah negara menjadi tujuan ekspor produk sarang burung walet dari Jawa Tengah, seperti Taiwan, Tiongkok, Australia, Hongkong, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya.

Di tahun ini, kami akan tingkatkan konsolidasi dengan sejumlah stackholder mulai Pemprov Jateng, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng, Dinas Pertanian masing-masing kabupaten/kota dan para peternak dan petani guna memperluas sentra produksi sarang burung walet, ucapnya.

Adapun di tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan nilai ekspor produk-produk unggulan di sektor pertanian dan lainnya sebesar Rp4,3 triliun.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

21 Tumpeng Ramaikan Tirakatan Desa Pucangrejo Gemuh

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB
X