Donor Masih Rendah, PMI Semarang Baru Melayani 695 Kantong Plasma Konvalesen

- Selasa, 9 Februari 2021 | 18:47 WIB
Hendrar Prihadi melakukan donor plasma darah guna penyembuhan pasien COVID-19 di RSUP Dr. Kariadi, Kamis (3/12/2020). (dok)
Hendrar Prihadi melakukan donor plasma darah guna penyembuhan pasien COVID-19 di RSUP Dr. Kariadi, Kamis (3/12/2020). (dok)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang sejak pandemi hingga 8 Februari 2021 telah melayani sebanyak 695 kantong plasma darah konvalesen.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang dr Anna Kartika mengatakan, permintaan plasma darah konvalesen terus meningkat.

AYO BACA : Jateng di Rumah Saja, Tempat Wisata Diminta Tutup 2 Hari

Tapi mencari pendonor plasma konvalesen ini yang masuk kriteria masih sulit. Saat ini aja ada kurang lebih 87 pasien yang mengantre untuk bisa mendapatkan pelayanan plasma darah konvalesen, ujarnya kepada ayosemarang.com, Selasa (9/2/2021).

Anna menambahkan, kurangnya data penyitas covid-19 menjadi perhatian tersendiri UDD PMI Kota Semarang. Selain masih banyaknya pendonor yang belum memenuhi sejumlah kriteria untuk menjalani proses donor plasma darah konvalesen.

AYO BACA : Peringatan Dini Hujan Lebat di Jateng pada 9-10 Februari

Salah satunya, penyitas covid masih ada gejala sisa atau keluhan serta trauma, jadi belum dapat donor. Lalu tidak semua penyitas yang akan mendonorkan darahnya mempunyai titer antibodi covid yanh sesuai kriteria yaitu 1/160 terutama donor dari OTG, katanya.

UDD PMI Kota Semarang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait plasma darah konvalesen.

Sosialisasinya sendiri kita juga lewat medsos kami. Beberapa komunitas donor, kemudian koordinator-koordinator donor di beberapa instansi dan warga. Tapi kembali lagi ke pendonor, kalau berkenan dan memenuhi kriteria kami siap selalu, Katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

X