Bank Indonesia Jateng Genjot Penukaran Uang Jelang Lebaran 2021

- Kamis, 22 April 2021 | 08:39 WIB
Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Jateng Pribadi Santoso saat secara simbolik memberikan uang kepada perwakilan perbankan. (Ayosemarang.com/Audrian Firhannusa)
Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Jateng Pribadi Santoso saat secara simbolik memberikan uang kepada perwakilan perbankan. (Ayosemarang.com/Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Menjelang Lebaran 2021, Bank Indonesia Jateng mulai menggenjot sistem penukaran uang. Pandemi Covid-19 membuat BI Jateng bersinergi dengan berbagai perbankan di Jawa Tengah untuk menyediakan layanan penukaran uang agar menghindari terjadinya penularan virus.

Kepala Perwakilan Kantor Wilayah (KPw) BI Jawa Tengah, Pribadi Santoso mengungkapkan, nantinya akan ada 114 titik penukaran uang di Jawa Tengah dengan 56 Bank. Dari semua titik tersebut penukaran difokuskan di perbankan.

“Memang nanti ada kas keliling tapi kami utamakan yang bank,” terang Pribadi.

AYO BACA : Bank Indonesia Jateng Ajak Masyarakat untuk Lebih Cinta dan Bangga Rupiah

Untuk Idul Fitri tahun ini Pribadi memaparkan bahwa Bank Indonesia Jateng telah menyediakan uang sebanyak Rp22,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini meningkat dari Idul Fitri tahun lalu yang hanya Rp15,56 triliun.

“Sementara untuk uang karta kami sudah menyediakan sekitar 7,4 triliun,” ungkap Pribadi.

Dari jumlah yang digelontorkan tadi, Pribadi menyimpulkan bahwa uang yang disediakan oleh Bank Indonesia bisa dikatakan lebih dari cukup. Jadi tidak perlu khawatir dengan adanya uang tidak layak edar.

AYO BACA : Penyebab Berat Badan Malah Naik Selama Puasa

Ketersediaan uang di tahun 2021 ini naik karena kondisi ekonomi masyarakat sudah meningkat. Namun kendati demikian hal ini menurut Pribadi Santoso belum bisa dikatakan pulih sebagaimana sebelum pandemi.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

21 Tumpeng Ramaikan Tirakatan Desa Pucangrejo Gemuh

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB
X