DKK Demak Kebut Penanganan dan Pencegahan Stunting

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 12:21 WIB
Acara Rembug Stunting di Pendopo Kabupaten Demak yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Demak. (dok DKK Demak)
Acara Rembug Stunting di Pendopo Kabupaten Demak yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Demak. (dok DKK Demak)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM -- Demak hingga saat ini masih menjadi salah satu kabupaten yang menjadi lokus prioritas dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

Untuk itu, diperlukan adanya persamaan persepsi untuk menurunkan angka stunting dalam bentuk pencegahan dan penanggulangan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), dr Anggoro menuturkan, stunting (pendek) telah menjadi permasalahan nasional kesehatan dan harus segera ditangani.

"Dampak stunting sangat luas dan irreversible (permanen) terhadap perkembangan jaringan otak, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sumbe rdaya manusia ke depan," katanya kepada Ayosemarang.com, Selasa 10 Agustus 2021.

AYO BACA : Kasus Stunting Tinggi, Puskesmas Mijen ll Demak Galakkan Edukasi

Disebutkan, prevalensi stunting menurut Riskesdas 2018 di Indonesia cukup tinggi. Sedangkan berdasar penimbangan serentak pada 2020 prevalensi stunting Kabupaten Demak mencapai 6,05%, turun menjadi 4,84% di Februari 2021.

Guna mencapai persamaan, lanjut dia, dalam penekanan angka stunting di wilayah Kabupaten Demak, DKK mengadakan "Rembug Stunting Tahun 2021" dengan biaya anggaran dari APBN BOK DKK Demak tahun anggaran 2021.

Acara yang diadakan di Pendopo Kabupaten pada, Selasa 3 Agustus 2021, turut dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat se-kabupaten, kepala desa lokus stunting, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, dan kepa puskesmas se-Kabupaten Demak.

Didapuk sebagai narasumber, Bupati Demak, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Ketua DPRD Kabupaten Demak, Kepala Bappeda Kabupaten Demak, dan Kepala DKK Demak Guvrin Heru Putranto.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

X