Kunjungi TMMD Reguler 112, Danpusterad Jenderal Teguh Arief Ingatkan Warga Lestarikan Alam Desa Gerlang

- Senin, 20 September 2021 | 16:52 WIB
Danpusterad, Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko didampingi Bupati Batang Wihaji kunjungi lokasi TMMD desa Gerlang kecamatan Blado.  (Muslihun kontributor Batang)
Danpusterad, Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko didampingi Bupati Batang Wihaji kunjungi lokasi TMMD desa Gerlang kecamatan Blado. (Muslihun kontributor Batang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko kunjungi lokasi TMMD Reguler 112 Kodim 0736 Batang di Desa Gerlang Kecamatan Blado, Senin 20 September 2021.

Ia yang didampingi Bupati Batang Wihaji sempat mengecek lokasi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.004 meter dengan mengendarai sepeda motor.

"Saya sudah keliling di Desa Gerlang, banyak potensi pertanian sayuran seperti, kentang, wortel, kol dan sayuran lainya. Ini investasi yang luar biasa, maka alamnya harus dipelihara dan dikoordinasikan dengan baik dengan stakeholder," kata Teguh Arief Indratmoko.

Danpusterad juga menghimbau agar warga Gerlang memlihara alam sebagai investasi masa depan. Karena hampir sebagian besar hutanya sudah beralih fungsi menjadi tanaman sayuran.

Baca Juga: Dongkrak Wirausaha Bengkel, Dindikbud Demak Beri Bantuan Peralatan

"Sebaiknya, walaupun lepas dari hutan lindung. Saran kami untuk warga tetap memelihara daerah - daerah hutannya sebagai resapan air. Lereng dan bukit - bukit tinggi tanaman tegakannya jangan di tebang," saran Teguh Arief.

Dejelaskanya, pohon tegakan disekitar hutan fungsinya untuk memilhara resapan air, sehingga secara otomatis sumber air yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpelihara dengan baik.

"Kalau hutanya gundul untul jangka pendek tidak ada masalah. Tapi jangka panjangnya sumber airnya akan kering," ungkapnya.

Ia berharap ada kesepakatan bersama antara perhutani, kehutanan dan warga menghijaukan kembali daerah sekitar hutan.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ulang Janji Pramuka di Lapas Kelas IIB Batang

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Pemkab Batang Gelar Program Pemutihan Denda Pajak PBB

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:48 WIB
X