Teknologi Jaringan 5G Sudah Hadir di Indonesia, Apa Sih Kelebihannya?

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Ubah Jaringanmu Dari 4G ke 5G, Begini Caranya ((pixabay.com))
Ubah Jaringanmu Dari 4G ke 5G, Begini Caranya ((pixabay.com))

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Teknologi 5G atau The Fifth-Generation Network adalah suksesor dari teknologi jaringan 4G yang selama ini kita gunakan.

Jaringan 5G mulai ramai diperbincangkan sejak awal kemunculannya pada tahun 2019 di beberapa negara seperti Amerika Serikat, China, dan Korea Selatan.

Kini, setelah hampir dua tahun berlalu, akhirnya negara Indonesia juga mulai dapat merasakan betapa cepatnya teknologi 5G ini.

Baca Juga: 8 Cara Kucing Menunjukan Rasa Sayang pada Pemiliknya, Termasuk Menjilat

Munculnya teknologi jaringan 5G di Indonesia diawali oleh Telkomsel yang resmi menyediakan jaringan 5G di sembilan kota di Indonesia pada 27 Mei 2021.

Dengan tersedianya jaringan 5G di Indonesia, tentu akan meningkatkan kecepatan jaringan serta kestabilan komunikasi. Namun, sebenarnya apa saja sih kelebihan teknologi 5G ini? Mari simak penjelasan berikut.

Kecepatan yang meningkat drastis

Setiap upgrade dari generasi sebelumnya, teknologi jaringan tentu akan mengalami peningkatan kecepatan. Seperti halnya pada 5G, prediksi kecepatannya dapat menembus 10 Gbps atau setara dengan 100x lipat kecepatan 4G saat ini! Dalam hal transfer data maupun mendownload file-file besar, tentunya kecepatan ini memberi dampak yang sangat signifikan.

Latensi yang sangat rendah (ultra-low latency)

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Luncurkan 7 Uang Kertas Baru Hari Ini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:31 WIB
X