Puskesmas Wedung ll Sosialisasikan Makanan Pendamping ASI Bayi dan Anak

- Rabu, 24 November 2021 | 17:01 WIB
Puskesmas Wedung ll saat sosialisasi Makanan Pendamping ASI di Desa Tedunan Wedung  (Puskesmas Wedung ll)
Puskesmas Wedung ll saat sosialisasi Makanan Pendamping ASI di Desa Tedunan Wedung (Puskesmas Wedung ll)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM - Puskesmas Wedung ll Demak menggelar sosialisasi makanan pendamping atau MP ASI bagi ibu-ibu warga Desa Tedunan, Kecamatan Wedung, Demak.

Dalam sosialisasi makanan pendamping ASI tersebut, Programer Gizi Puskesmas Wedung ll, Ririn Suryani mengatakan, makanan pendamping sangat diperlukan guna melengkapi zat gizi dalam air susu ibu.

"Selain itu makanan pendamping ASI mengembangkan kemampuan bayi dalam menerima makanan dari segi rasa dan tekstur, serta mengembangkan kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan," ungkapnya dalam sosialisasi, belum lam ini.

Baca Juga: Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 8i, Jangan Beli sebelum Tahu Ini

Adapun makanan pendamping ASI diberikan pada anak usia 6-24 bulan dan diberikan bersamaan dengan ASI.

"Energi ASI, 0-6 bulan ASI memberikan seluruh kebutuhan anak, usia 6-12 bulan ASI memberikan setengah kebutuhan anak, dan usia 12-24 ASI memberikan sepertiga kebutuhan anak," jelasnya.

Ririn menyebut, ada beberapa hal yang hadi syarat makanan pendamping ASI, yakni memenuhi energi dan zat gizi lain sesuai umur, makanan pendamping yang diberikan disesuaikan gizi seimbang dan bahan makanan yang digunakan terdapat di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Bangun RSUD Mijen, Pemkot Semarang Prioritaskan Pasien BPJS

"Bentuk dan porsi makanan disesuaikan dengan daya terima bayi dan perhatikan kebersihan perorangan dan lingkungan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Batang Temukan 2 Kasus Covid-19 Baru

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:31 WIB
X