Tidak Dilengkapi IPAL, Budidaya Tambak Udang di Karimunjawa Mulai Mengkhawatirkan

- Senin, 29 November 2021 | 17:42 WIB
Tambak udang di Karimunjawa tidak dilengkapi IPAL dan saat ini meresahkan warga sekitar. (dok FASIH)
Tambak udang di Karimunjawa tidak dilengkapi IPAL dan saat ini meresahkan warga sekitar. (dok FASIH)

KARIMUNJAWA, AYOSEMARANG.COM -- Keberadaan budidaya tambak udang intensif di wilayah Desa Karimunjawa dan Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa Jepara dirasakan mulai meresahkan masyarakat.

Hasil investigasi selama beberapa bulan di tahun 2021 yang dilakukan oleh Forum Advokasi Sosial untuk Indonesia Hijau (FASIH) mendapati kenyataan yang menarik untuk dikaji dan didalami.

Dari beberapa titik pengamatan di Dusun Alang-alang, Cik Mas, Nyamplungan di Desa Karimunjawa sampai Dusun Mrican Desa Kemujan, Kabupaten Jepara, hampir-hampir tidak ada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai.

Baca Juga: Tak Jadi Ikut Konvoi Suporter Persis Solo, Kaesang : Motorku Mogok

"Dari hasil pengamatan awal, kami melihat pencemaran limbah pembuangan pascapanen tambak udang tidak disaring melalui IPAL terlebih dahulu,” ujar Zakariya Anshori, koordinator FASIH, melalui keterangan resmi yang diterima Ayosemarang, Senin 29 November 2021.

"Saat saya mengamati di saluran air yang menuju ke laut di dusun Mrican Desa Kemujan, warna air keruh, kehitam-hitaman, berlumpur dan berbau menyengat,” lanjut Yankz, panggilan Zakariya.

Budidaya udang intensif mestinya ada izin lingkungan maupun izin lainnya terkait keberadaan Karimunjawa sebagai zona konservasi dan bagian dari Balai Taman Laut Nasional Karimunjawa.

Baca Juga: Daftar HP Samsung RAM 8 GB Terbaik yang Cocok Menjadi Daily Driver Anda

Dari berbagai sumber yang ditemui Zakariya, sebenarnya sejak tahun 2018  masyarakat Karimunjawa sudah menolak keberadaan tambak udang intensif yang kebanyakan dikelola oleh petambak dari luar Jepara.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Bongkar Makam Siswi SD di Grobogan, Ada Apa?

Senin, 17 Januari 2022 | 21:13 WIB
X