Penyelesaian Aset SMA dan SMK Negeri di Jateng, Quatly: Dibeli Saja

- Selasa, 30 November 2021 | 15:26 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng, Quatly Abdulkadir Alkatiri saat membahas penyelesaian penyelesaian aset SMA dan SMK Negeri di Jateng. (dok DPRD Jateng)
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng, Quatly Abdulkadir Alkatiri saat membahas penyelesaian penyelesaian aset SMA dan SMK Negeri di Jateng. (dok DPRD Jateng)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM- Alih kewenangan pengelolaan SMA dan SMK dari kabupaten dan kota ke provinsi, masih menyisakan masalah kepemilikan lahan hingga saat ini.

Data di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, setidaknya ada sekitar 70 SMA dan SMK negeri yang berdiri di tanah bukan aset provinsi.

Puluhan sekolah tersebut masih berdiri di tanah bondo desa atau kas desa, tanah milik kabupaten atau kota, milik Perhutani, atau miliki PT KAI.

Baca Juga: BMKG: Peringatan Dini Banjir Pesisir di Utara Jawa Periode 1 Desember 2021

"Persoalan aset ini dirasakan ketika negara mau membantu sekolah tersebut untuk perbaikan sarana dan prasarana atau pengembangan sekolah, itu jadi kesulitan," kata Sekretaris Disdikbud Jateng, Suyanta, Senin 29 November 2021.

Kucuran anggaran dari pemerintah untuk sekolah, sebetulnya sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Mengingat 20 persen pos anggaran pemerintah diperuntukan untuk pendidikan.

Menurutnya, meskipun sama-sama milik pemerintah, namun proses beralihnya tanah tersebut membutuhkan waktu yang panjang.

Ia berharap ada kebijaksanaan dari pemilik tanah, baik itu pemerintah daerah, kabupaten/kota, atau BUMN yang berkuasa atas tanah tersebut agar menyerahkan asetnya kepada provinsi.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nataru, Polda Jateng Tidak Lakukan Penyekatan

Untuk keperluan penyerahan aset, bisa dilaksanakan dengan berbagai cara, apakah dihibahkan ke pemerintah provinsi  atau  dengan skema tukar guling.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Bongkar Makam Siswi SD di Grobogan, Ada Apa?

Senin, 17 Januari 2022 | 21:13 WIB
X