Puan Maharani Sebut Prokes Nomor Satu, tapi Syarat Sertifikat Vaksin Nomor Dua

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:33 WIB
Ilustrasi kartu vaksin Covid-19 yang sekarang menjadi syarat saat masuk ke mal.  (Pxhere/Iveta)
Ilustrasi kartu vaksin Covid-19 yang sekarang menjadi syarat saat masuk ke mal. (Pxhere/Iveta)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Pro dan kontra pemberlakuan syarat sertifikat vaksin masuk mal dengan tambahan tes PCR mendapatkan reaksi dari masyarakat. Persyaratan masuk mal di Jakarta dengan PCR-Antigen dinilai masyarakat tak masuk akal.

Ketua DPR RI, ayosemarang.com/tag/Puan-Maharani">Puan Maharani menyebutkan, pemerintah harus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan ayosemarang.com/tag/protokol-kesehatan">protokol kesehatan (prokes) tetap yang utama.

Puan menyampaikan, edukasi dan pemahaman tersebut agar tidak terjadi informasi yang keliru di masyarakat terkait pemberlakuan syarat sertifikat vaksin untuk mengakses tempat umum.

“Harus terus dijelaskan kepada masyarakat bahwa prokes itu tetap nomor satu, syarat sertifikat vaksin nomor dua,” tegas Puan dalam keterangan pers yang dikutip Ayosemarang dari dpr.go.id, Jumat 13 Agustus 2021.

Baca Juga: Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Cara Download Sertifikat Vaksin 1 di PeduliLindungi

Puan mengatakan, penjelasan tersebut juga harus disertai pengawasan para petugas di lapangan, misalnya dalam mengawasi mobilitas para pengunjung mal yang mulai dibuka terbatas di beberapa kota.

“Meski pengunjung mal sudah punya sertifikat, kalau ada kerumuman atau antrean jarak dekat jangan dibiarkan,” kata Puan.

Puan mengatakan pemahaman masyarakat yang benar terkait prokes dan sertifikat vaksin ini penting agar tidak memicu kembalinya gelombang penularan Covid-19.

“Betul bahwa vaksin terbukti efektif menurunkan angka kasus berat dan kematian akibat Covid-19. Tapi bukan berarti yang sudah divaksin terbebas dari infeksi sama sekali,” pungkas mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Luncurkan 7 Uang Kertas Baru Hari Ini

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:31 WIB
X