Pesilat dari 81 Sekolah Akan Berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Kota Semarang

- Jumat, 20 Mei 2022 | 19:32 WIB
Ilustrasi pertandingan Pencak Silat. (dok)
Ilustrasi pertandingan Pencak Silat. (dok)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -Sebanyak 159 pesilat remaja (97 putra dan 62 putri) yang  berasal dari 81 sekolah di Kota Semarang akan berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Kota Semarang yang digelar di GOR Manunggal Jati Semarang, Sabtu - Minggu 21-22 Mei 2022. Kejuaraan itu memperebutkan Piala Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Kota Semarang.

Para pesilat yang bertanding umurnya dibatasi hanya mereka yang lahir pada tahun 2005 hingga 2007. Nomor yang dipertandingkan adalah nomor laga  dan seni tunggal. Untuk nomor laga putra (Kelas A - I), dan putri (Kelas A - H) dengan masing-masing kelas dimulai dari berat badan 39 kg dengan selisih kelipatan 4 kg setiap kelasnya.

"Kejuaraan ini juga merupakan ajang seleksi untuk pesilat yang akan diterjunkan di arena Pekan Olahraga Wilayah Cabang Pencak Silat. Nomor yang dipertandingkan di Popwil nanti adalah nomor seni tunggal dan laga untuk putra kelas A, B, C, E, I; dan laga putri kelas A, B, dan H," kata Sukamto, Ketua Panitia, Jumat 20 Mei 2022 di Semarang.

Baca Juga: 5 Kuliner Malam Semarang, Lezat dan Legendaris

Sementara itu Sekretaris Panitia, Kaswadi menambahkan peraturan pertandingan yang digunakan dalam kejuaraan itu masih menggunakan peraturan pertandingan IPSI tahun 2012. 

"Penilaian dalam pertandingan menggunakan digital. Perolehan angka dapat dilihat oleh pesilat maupun ofisial yang bertanding karena ada layar penilaian yang dipajang di tepi arena," kata Kaswadi.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka syarat atlet yang bertanding juga harus menyertakan bukti telah mendapatkan vaksin dua kali. Selain itu jumlah pesilat yang berada di dalam GOR juga dibatasi, mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Di sela-sela kejuaraan akan dilakukan pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Kota Semarang periode 2022 - 2026 pada Sabtu malam.

Baca Juga: (KAMUS SEMARANGAN) Penyingkatan Kata di Dialek Semarangan, Wes Tanggal Tuo, Wayahe Rak Ndue Det

Kepengurusan IPSI Kota Semarang kali ini masih dipimpin oleh Joko Santoso yang para periode sebelumnya telah membawa IPSI Semarang menjadi Juara Pekan Olahraga Provinsi Jateng dan juga telah memunculkan pesilat kelas internasional Tito Hendra, peraih medali perunggu di kelas F Putra pada 8th Southeast Asia Pencak Silat Championship 2022. ***

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Terkini

X