Aturan Baru Naik Kereta Api Jarak Jauh, Vaksin Dosis 2 Tak Perlu Skrining

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:01 WIB
aturan baru naik kereta jarak jauh.  (Twitter/KAI121)
aturan baru naik kereta jarak jauh. (Twitter/KAI121)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan aturan baru naik kereta jarak jauh antarkota. Diketahui, aturan baru kereta ini berlaku mulai 18 Mei 2022.

Penumpang dengan kondisi sudah divaksin dua kali, dan tiga kali atau vaksin booster tidak perlu melakukan skrining. Skrining yang dimaksud yakni tidak perlu melampirkan rapid test antigen/RT-PCR untuk sarat perjalanan.

Melalui Twitter KAI @KAI121, aturan baru naik kereta itu tertuang dalam SE No. 57 Tahun 2022. Itu memudahkan penumpang untuk mengakses transportasi umum dengan kereta api.

Baca Juga: Kecelakaan Semarang Hari Ini, Wanita Tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Pedurungan

Bagi penumpang yang baru divaksin dosis pertama, wajib melampirkan hasil rapid test antigen (1×24 jam) atau RT-PCR (3×24 jam), sebagai syarat perjalanan.

Selanjutnya, penumpang yang tidak bisa divaksin karena alasan medis, wajib melampirkan hasil negatif antigen/RT-PCR & surat keterangan dokter RS Pemerintah yang menjelaskan belum/tidak dapat divaksin.

Anak usia di bawah 6 tahun dikecualikan dalam kewajiban vaksin & skrining, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi syarat melakukan perjalanan.

Baca Juga: Kecelakaan di Grobogan Antara Mobil Avanza vs Kereta Api, Pengemudi Selamat

Meski syarat melakukan perjalanan dengan kereta api dilonggarkan, penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti wajib bermasker.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

X