Presiden Jokowi Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:10 WIB
Presiden Joko Widodo kembali buka ekspor minyak goreng. (BPMI)
Presiden Joko Widodo kembali buka ekspor minyak goreng. (BPMI)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM - Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin, 23 Mei 2022 mendatang.

Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Joko Widodo setelah melihat kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: Bersaksi, Bekas Istri Sebut Jonny Depp Pencemburu dan Suka Mengatur

"Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau," imbuhnya.

Menurut Presiden Jokowi, berdasarkan pengecekan langsung Presiden di lapangan dan laporan yang diterimanya, pasokan minyak goreng terus bertambah.

Baca Juga: Cerita Asli Meninggalnya Bima dan Ayu KKN di Desa Penari Versi Kepala Desa Rowo Bayu Banyuwangi

"Kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194 ribu ton per bulannya. Pada bulan Maret, sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton. Namun setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya, melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," ungkapnya.

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X