Kominfo Minta Masyarakat Tidak Sembarangan Bertransaksi NFT

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 04:34 WIB
Kominfo minta warga tidak sembarangan beli aset kripto, termasuk NFT dari pedagang yang tidak memiliki izin dari Bappebti (Pixabay)
Kominfo minta warga tidak sembarangan beli aset kripto, termasuk NFT dari pedagang yang tidak memiliki izin dari Bappebti (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta masyarakat untuk membeli aset kripto, termasuk non-fungible token (NFT) dari pedagang yang mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Regulasi terkait NFT yang terkait dengan aset kripto merupakan kewenangan Bappebti. Sehingga kesesuaian tata niaga NFT diatur oleh Bappebti. Kementerian Kominfo mengimbau agar masyarakat dapat memeriksa validitas serta legalitas para pihak yang akan melakukan transaksi NFT," ujar Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, Jumat (14/1/2022).

NFT menjadi buah bibir di Tanah Air lantaran seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali meraup untung miliaran rupiah setelah menjual fotonya sebagai NFT.

Untuk dapat membendung animo masyarakat pada aset kripto dapat tetap berjalan ke arah positif maka dari itu imbauan untuk memeriksa pedagang yang berizin perlu dilakukan oleh pemerintah. Jika belum memahami mekanisme dan cara kerja dari aset kripto maka ada baiknya masyarakat tidak asal sembarang melakukan transaksi.

Baca Juga: TokoMall: NFT Jadi Ruang Apresiasi Karya Digital dan Bisa Dorong Kreativitas

Sebisa mungkin masyarakat secara aktif meningkatkan literasi yang tepat dengan mengakses banyak referensi dan berkonsultasi dengan lembaga pengawas terkait yang dalam hal ini adalah Bappebti.

Kominfo pun terbuka untuk mengedukasi masyarakat perihal cara bertransaksi aset kripto seperti NFT sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Masyarakat bisa menghubungi kanal-kanal media sosial yang dimiliki oleh Kominfo.

"Dalam hal pengelolaan sistem elektronik yang mengoperasikan NFT masyarakat dapat dapat mendapat informasi lebih lanjut dari Kementerian Kominfo," ujar Dedy dalam berita Suara dan Antara.

Baca Juga: Sultan Gustaf Al Ghozali Beberkan Rahasia Cara Jual Foto NFT Miliaran Rupiah

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HUT RI, GGF Beri Apresiasi Petani

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:25 WIB

7 Desain Uang Baru Indonesia, Tukar Sekarang!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:03 WIB

9 Cara Menghemat Uang dengan Efektif dan Efisien

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:51 WIB

Isuzu Perkuat CSR Dalam Kelestarian Lingkungan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:40 WIB
X