Iklan HP Tahan Air Menyesatkan, Samsung Kena Denda Rp143 Miliar

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:41 WIB
Ilustrasi -- klaim ponselnya tahan air, Samsung terkena denda Rp143 miliar (Istimewa)
Ilustrasi -- klaim ponselnya tahan air, Samsung terkena denda Rp143 miliar (Istimewa)

AYOSEMARANG.COM -- Berikut kabar mengenai Samsung yang terkena denda senilai Rp143 miliar karena membuat iklan menyesatkan karena klaim ponselnya tahan air.

Pada Kamis, (23/6/2022), komisi pengawas persaingan dan perlindungan konsumen Australia (ACCC) mengumumkan jika pengadilan telah memutuskan Samsung untuk membayar denda senilai 14 juta dolar Australia atau sekitar Rp143,2 miliar karena berbohong mengenai klaim ponselnya tahan air.

Samsung Australia pun mengakui jika mereka telah memperdayai konsumennya soal klaim ponsel tahan air di sejumlah seri HP Galaxy.

Baca Juga: Sony Kembangkan Sensor Kamera 100 MP Terbaru, Bagian dari Sony IMX8

Dilansir dari Reuters dan Suara, menurut lembaga itu, selama periode Maret 2016 hingga Oktober 2018, Samsung Australia menggelar menyebar kampanye dan iklan di media sosial yang berisi klaim bahwa beberapa ponsel Samsung Galaxy bisa digunakan di dalam kolam renang atau air laut.

Namun ACCC kemudian menerima ratusan keluhan dari pengguna ponsel Samsung Galaxy yang mengungkapkan bahwa ponsel mereka tak lagi berfungsi sempurna bahkan rusak total setelah terkena air.

Klaim tahan air itu, kata kepala ACCC, Gina Cass-Gottlieb, merupakan salah satu poin penting dalam strategi iklan Samsung.

Baca Juga: Samsung Galaxy F13 Hadir dengan Baterai Badak 6000 mAh dan Chipset Exynos 850

"Banyak konsumen yang membeli ponsel Samsung Galaxy terpapar iklan yang menyesatkan itu sebelum memutuskan untuk membeli," terang Cass-Gottlieb.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X