Ganjar Minta Kabupaten Lain Ikut Mencontoh Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

- Senin, 20 Desember 2021 | 16:30 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo usai meninjau pembangunan talud dari bantuan keuangan bersumber dari APBD Provinsi Jateng di Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. (dok humas)
Gubernur Ganjar Pranowo usai meninjau pembangunan talud dari bantuan keuangan bersumber dari APBD Provinsi Jateng di Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. (dok humas)

PEMALANG, AYOSEMARANG.COM -- Gubernur Ganjar Pranowo meminta, kabupaten lain untuk meniru program pengentasan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten yang menjadi percontohan.

"Yang diberikan contoh program pengentasan kemiskinan ekstrem kan memang hanya lima kabupaten ya. Maka kita minta kawan-kawan di kabupaten lain untuk meniru. Bukan berarti yang tidak masuk dalam uji coba itu diam-diam saja. Mengikuti saja langkahnya," kata Gubernur Ganjar Pranowo dalam keterangan yang didapat, Senin 20 Desember 2021.

Menurut Gubernur Ganjar Pranowo, program yang melibatkan lima kabupaten untuk pengentasan kemiskinan ekstrem tersebut memang mendadak. Hal itulah yang juga mendasari agar daerah lain tidak diam saja.

Baca Juga: HEBOH Video Diduga Habib Bahar bin Smith Santai di Jacuzzi, Netizen: Kayak Bos Gangster Hongkong

"Memang karena programnya kemarin agak mendadak di akhir tahun maka saya pikir ini hanya modeling saja. Penekanannya akan ada pada 2022," imbuhnya.

Adapun program pengentasan kemiskinan ekstrem yang menjadi program nasional sendiri sudah berjalan.

Bantuan dana yang bersumber dari pemerintah pusat sudah masuk selama dua bulan terakhir.

"Top up dari pemerintah pusat sudah masuk. Tapi untuk di Jateng sengaja kami kembangkan. Penyelesaian kemiskinan harus menyelesaikan problem yang mereka miliki seperti rumah tidak layak huni, jamban, air bersih, penerangan. Maka kami mencarikan sendiri tambahan sumber dana," jelasnya.

Baca Juga: Sejak Tahun 2000, Angka HIV AIDS di Kabupaten Kendal Mencapai 1.229 Kasus

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keanekaragaman Hayati Perkuat Ketahanan Pangan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:46 WIB
X