Mengenal Sosok Imam Pemilik Suara Merdu, Syaikh Abdurrahman as-Sudais

- Senin, 25 Juli 2022 | 20:00 WIB
Profil Syaikh Abdurrahman as-Sudais (Istimewa )
Profil Syaikh Abdurrahman as-Sudais (Istimewa )

AYOSEMARANG.COM -- Syaikh Prof. Dr. Abdurrahman as-Sudais adalah salah seorang ulama dan imam yang cukup terkenal di Indonesia.

Ulama yang memiliki nama lengkap Abdurrahman bin Abdul Aziz bin Muhammad as-Sudais ini dikenal luas di Indonesia sebagai seorang pakar tilawah Al-Qur’an. Buktinya, suara beliau sering dijadikan murottal yang diputar karena terkenal dengan suara yang khas dan merdu.

Anda juga bisa mendengarkan suara merdunya melalui rekaman yang tersedia di berbagai sosial media seperti YouTube, Instagram dan lain sebagainya.

Syaikh Prof. Dr. Abdurrahman as-Sudais merupakan seorang imam di Masjidil Haram, Makkah. Karenanya, wajar saja jika ada orang yang menyangka bahwa beliau adalah dilahirkan dan besar di sekitar tanah suci Makkah al Mukarromah. Akan tetapi, beliau lahir di al-Bukairiyah, sebuah kota yang terletak di provinsi al-Qasim, sebelah timur laut dari provinsi Makkah.

Baca Juga: Suka Desain Grafis? Coba Pahami Perbedaan Jenis Palet Warna Ini

Beliau pertama kali diangkat menjadi imam sekaligus khatib di Masjidil Haram pada tahun 1404 Hijriah, pada usia yang masih sangat muda nan belia yakni 22 tahun. Setelahnya menjadi imam shalat pertama kalinya di masjid paling suci bagi ummat Islam tersebut pada 22 Sya’ban 1404 H yang lalu.

Pada tahun 1408 H, beliau berhasil menyelesaikan pendidikan S-2 dari Universitas al-Imam Muhammad bin Saud, jurusan Ushul Fiqih, dengan status Cum Laude. Setelah itu, beliau melanjutkan studi doktoral (S-3) di Universitas Ummul Qura, Makkah, dan berhasil menyelesaikannya dengan status Cum Laude juga.

Beliau pernah menyempatkan diri untuk pergi dan menjalin silaturahmi ke berbagai negara, menemui ummat Islam di seluruh dunia. Banyak sekali negara yang pernah disinggahinya termasuk negeri kita, Indonesia, pernah pula beliau singgahi pada hari Jum’at tanggal 31 Oktober 2014 M.

Baca Juga: Sering Menjadi Oleh-Oleh Haji dan Umroh, Ini Doa Meminum Air Zam-Zam

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X