Elektabilitas Anies Baswedan Masih Dibawah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto Terendah, Apa Penyebabnya?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 15:59 WIB
Prabowo Subianto Dan Anies Baswedan Berada Di Posisi Paling Atas Dalam Survei Yang Digelar Median (Tim SMSolo1/Solo.suaramerdeka.com)
Prabowo Subianto Dan Anies Baswedan Berada Di Posisi Paling Atas Dalam Survei Yang Digelar Median (Tim SMSolo1/Solo.suaramerdeka.com)

AYOSEMARANG.COM -- Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi membeberkan hasil survei terbaru pada peta pertarungan capres atau calon presiden pada Pemilu 2024.

IPI melakukan survei calon presiden (capres) hanya dengan tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

IPI mengklaim, hasil survei yang telah mereka jalankan itu dimana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan pertama.

Baca Juga: Peduli Pada Budaya Bangsa Jadi Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Jadi Capres

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menyalip elektabilitas menteri pertahanan RI Prabowo Subianto.

Dalam simulasi 3 calon presiden, Ganjar Pranowo meraih 33,9%, Anies Baswedan 32,2% dan Prabowo Subianto 23,9%.

Hasil ini telah berubah dari survei September lalu. Terutama untuk elektabilitas Anies dan Prabowo.

Pada September 2022, Anies masih di bawah Prabowo. Dengan hasil Ganjar 36,2%, Prabowo 29,1% dan Anies 25,7%.

"Tiga nama teratas kita kerucutkan, nama-nama lain kita take out, Ganjar Pranowo 33,9 %, Anies Baswedan 32,2 %, Pak Prabowo Subianto 23,9 %," kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi.

Halaman:

Editor: Wahyu Vitaarum

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X