Indonesia Menjual Cicak sebagai Obat hingga Mengekspornya ke China

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:38 WIB
Ilustrasi cicak yang ternyata dapat menjadi bisnis yang menggiurkan (PIXABAY/Jeh6)
Ilustrasi cicak yang ternyata dapat menjadi bisnis yang menggiurkan (PIXABAY/Jeh6)

AYOSEMARANG.COM - Jangan abaikan atau hilangkan "cicak merayap". Kehadiran cicak di rumah Anda bukan hanya untuk memakan nyamuk. Namun, cicak juga bisa dijadikan uang tunai. Cicak dapat dijual dan diekspor ke luar negeri.

Cicak kering telah lama menjadi komoditas. Sedikitnya salah satu pengusaha cicak kering di Cirebon sudah 13 tahun menggeluti bisnis ini. Cicak kering tidak hanya ada di Cirebon, tapi juga di Medan.

Orang-orang menangkap cicak dan menjualnya ke pengepul. Cicak ini biasanya segar. Cicak segar harganya sekitar Rp50.000 per kilogram. Cicak segar yang masih basah dibersihkan terlebih dahulu agar bisa untuk dijual.

Baca Juga: Cara Menagih Utang untuk Orang yang Suka Mendadak Amnesia

Namun, cicak kering lebih diminati. Oleh karena itu, cicak harus dikeringkan di bawah sinar matahari dan oven sebelum dikemas agar lebih tahan lama. Sekilo cicak kering harganya Rp380.000. Tergantung kualitasnya, semakin bagus cicaknya, semakin mahal harganya.

Di Indonesia, cicak sepertinya tidak memiliki nilai jual. Tapi di luar negeri seperti Hongkong dan China, cicak sering dimakan.

Selain itu, cicak juga dipercaya sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti batuk, penyakit kulit, dan gangguan pencernaan. Cicak kering juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik untuk pakan ikan.

Baca Juga: Selamat! BSU 2022 Rp1 Juta Cair ke Rekening Himbara, Cek di Link Kemnaker

Ada juga bukti medis orang Jawa bahwa reptil, termasuk cicak, memang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Tidak seperti ular yang dimakan.

Oleh karena itu, cicak juga diekspor dari Indonesia untuk memenuhi kebutuhan medis. Pendapatan bulanan yang dihasilkan dengan mengekspor cicak ini berjumlah ratusan juta.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X