Rahasia Umur Panjang ala Orang Jepang

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:46 WIB
Tips umur panjang ala orang Okinawa Jepang (Pixabay)
Tips umur panjang ala orang Okinawa Jepang (Pixabay)



AYOSEMARANG.COM - Orang Jepang dikenal awet tua, dengan banyak yang hidup antara usia 90 sampai dengan 100 tahun lebih.

Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi, sehingga tidak mengherankan jika angka harapan hidup rata-rata adalah sekitar 83-84 tahun, jauh di atas rata-rata global.

Selain itu, jumlah centenarian di Jepang telah mencapai rekor tertinggi 86.510. Jumlah ini naik 6.060 dari tahun 2020. Saat ini, satu dari 1.450 orang Jepang berusia di atas 100 tahun.

Baca Juga: Tarif Ojek Online Naik, Ini Perincian Harganya Menurut Zonasi

Salah satu daerah di Jepang yang dikenal memiliki banyak centenarian adalah Prefektur Okinawa. Ini adalah prefektur paling selatan Jepang. Prefektur Okinawa terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu, dan pulau-pulau tersebut memiliki panjang lebih dari 1.000 km.

Mari kita mengenal orang-orang Okinawa. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh ScienceDirect, wilayah ini memiliki harapan hidup tertinggi dan persentase orang berusia di atas 100 tahun tertinggi di dunia. Apa yang membuat mereka hidup ratusan tahun lebih lama?

Dari perspektif pencegahan kanker dan penyakit kardiovaskular, orang Okinawa mengikuti diet khusus makan lima porsi atau lebih buah dan sayuran sehari dan lebih banyak ikan daripada daging sapi untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Game yang Terinspirasi dari Mitologi Jepang, Asyik untuk Dimainkan

Adapun di Okinawa, ada kata "Nuchigusui". Makanan laut yang kaya karotenoid seperti ubi jalar, pare, rumput laut, sayuran hijau dan kuning, serta buah-buahan. Mereka percaya itu adalah makanan anti-penuaan karena mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Selain makanan yang mereka makan, mereka selalu memiliki tujuan hidup yang jelas dan bermakna. Ini adalah alasan nomor satu dia bangun di pagi hari, jadi dia punya sesuatu untuk dilakukan, seperti tujuan hidup. Apa tujuan hidup?

Orang Jepang hidup sesuai dengan ikigai mereka. Ini adalah filosofi kuno yang mengajarkan bahwa kita harus mencari kesenangan dan tujuan hidup, bukan hanya berada di bumi.

Dalam bahasa Jepang, "iki" berarti hidup dan "gai" berarti akal atau bisa diartikan sebagai alasan untuk hidup. Mereka percaya bahwa menemukan ikigai, alasan untuk hidup, adalah faktor umur panjang. Menemukan kegembiraan dan makna dalam banyak aspek kehidupan sangat penting untuk kehidupan yang memuaskan.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X