5 Langkah Ganti Oli Sepeda Motor secara Mandiri

- Jumat, 14 Januari 2022 | 15:46 WIB
Cara mengganti oli kendaraan sepeda motor secara mandiri (bikersrights.com)
Cara mengganti oli kendaraan sepeda motor secara mandiri (bikersrights.com)

AYOSEMARANG.COM -- Kami bagikan cara untuk mengganti oli sepeda motor secara mandiri atau di rumah saja. Ganti oli sepeda motor tanpa ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran bulanan kamu.

Ganti oli merupakan kewajiban bagi pemilik kendaraan sepeda motor. Dengan mengganti oli rutin maka kesehatan sepeda motor bisa terus prima. Jika Anda telah mengganti oli risikonya bisa merusak kondisi kendaraan.

Sebagian orang biasanya mengganti oli di bengkel. Padahal rutinitas tersebut dapat dilakukan sendiri sehingga menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy M33, A33 dan A53 yang Segera Rilis

Lantas bagaimana cara mengganti oli sepeda motor? Dilansir dari Federal Oil dan Mobimoto, berikut 5 langkah mengganti oli kendaraan sepeda motor:

1. Pertama, siapkan kunci ring 12 atau kunci inggris 12, kain kering, tang, corong dan wadah untuk oli bekas.

2. Setelah semua terkumpul, tempatkan mesin pada posisi tengah. Kemudian, buka ke saluran pembuangan yang terletak di bawah tutup saluran masuk oli. Itu di sisi kanan. Ingatlah untuk menutup tutup kotak yang sudah disiapkan.

Baca Juga: Cara Pakai GetContact agar Tahu Nama Anda di Kontak HP Orang Lain

3. Untuk mempercepat penggantian oli, buka sumbat saluran masuk oli secara bersamaan dengan tang. Tunggu beberapa saat sampai oli yang lama habis.

4. Jika Anda tidak memiliki kompresor udara, Anda juga dapat memiringkan mesin sehingga semua oli bekas di mesin terkuras.

5. Jika demikian, tutup sepenuhnya atau kencangkan lubang pembuangan oli. Buka kemasan oli baru dan isi mesin dengan corong untuk mencegah tumpahan.

Demikian 5 langkah mengganti oli sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah saja. Selamat mencoba.

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X