Bulog Solo Siap Operasikan Penggilingan Padi Modern

- Rabu, 26 Januari 2022 | 20:56 WIB
Ilustrasi petani padi.
Ilustrasi petani padi.

SOLO, AYOSEMARANG.COM — BULOG Kota Solo telah mengembangkan sentra penggilingan padi modern atau "modern rice milling plant" (MRMP) di Karangmalang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

MRMP tersebut pada masa uji coba atau satu komplek sentra penggilingan padi modern di Masaran Kabupaten Sragen.

MRMP beroperasi mulai dari proses pengeringan gabah kering panen hingga menjadi beras yang stok siap salur atau jual, kata Pimpinan Cabang Bulog Kota Surakarta Sri Muniati.

Baca Juga: Indonesia vs Timor Leste: Shin Tae-yong Enggan Ungkap Taktikal ke Wartawan

"Pembangunan sentra penggilingan padi modern atau MRMP yang siap beroperasi di Jateng ada dua yakni Masaran Sragen dan Kendal. Sedangkan, ada satu lagi, di Jawa Barat yakni Subang yang juga sudah siap beroperasi," ujar Sri.

Menurut dia, sentra penggilingan padi modern di Masaran Kabupaten Sragen dengan kapasitas penyimpanan 6.000 ton gabah kering giling (GKG). Pada MRMP tersebut, kata dia, dapat dimulai proses pengeringan dari gabah kering panen (GKP) dengan kapasitas 120 ton per hari yang dikeringkan menjadi GKG.

Baca Juga: Ramalan Shio Tikus, Kerbau dan Macan Kamis, 27 Januari 2022

Gabah kemudian dimasukkan ketiga tempat dengan kapasitas 2.000 ton yang kemudian proses menjadi beras hingga stok siap salur atau jual. Bulog Kota Surakarta pada 2022 kegiatan pengadaan gabah tahap pertama melalui program pengadaan jangka panjang bertarget (PPJPB).

Baca Juga: Ramalan Shio Kelinci, Naga dan Ular 27 Januari 2022 : Ini Adalah Hari Refleksi yang Kuat Buatmu

Surakarta mendapatkan target untuk periode semester I mulai Januari-Juni 2022 sebanyak 7.500 ton setara beras. Sejumlah mitra kerja dalam kegiatan pengadaan gabah, di Bulog wilayah Solo Raya ini, menyambut cukup antusias dan hingga akhir Desember 2021 sebanyak 17 mitra kerja sudah melakukan kontrak kerja sesuai dengan yang ditargetkan.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X