Sandiaga Bantu Tingkatkan Ekonomi Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

- Senin, 4 Juli 2022 | 08:05 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno berbincang dengan Hartono, penjual warung kopi tertua di sekitar Telaga Cebong Sikunir, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. (Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno berbincang dengan Hartono, penjual warung kopi tertua di sekitar Telaga Cebong Sikunir, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. (Istimewa)

WONOSOBO, AYOSEMARANG.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Minggu 3 Juni 2022. Sandiaga membantu Hartono penjual warung kopi tertua di sekitar Telaga Cebong Sikunir.

Mulanya Hartono mengajak Sandiaga untuk mampir ke warungnya usai melihat kuliner carica. Di sana, Sandiaga disuguhkan kopi dan tempe mendoan.

Kesempatan itu, Hartono menyampaikan ke Sandiaga jika dirinya berdagang warung kopi sejak tahun 1978. Kemudian pria berusia 61 tahun itu mengungkapkan kendala yang dihadapi selama berdagang.

Baca Juga: Cek Pengumuman PPDB Jateng 2022 Hari Ini, Akses di ppdb.jatengprov.go.id

"Di sini saya dagang sudah tertua, tapi tidak punya modal pak. Tidak ada bahan-bahan di warung, kompor juga sudah rusak. Saya ingin seperti warung-warung lain gitu pak," kata Hartono.

"Jadi kita agar bisa membantu meningkatkan penghasilan pak Hartono nanti dilihat apa yang bisa dibantu, yang cepat gak pakai lama," jawab Sandiaga.

Sandiaga pun memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk anak dari Hartono. Selain itu, Sandiaga juga menyerahkan peralatan dan berbagai kebutuhan untuk keperluan warung kopi Hartono.

"Mudah-mudahan usaha pak Hartono meningkat, wisatanya pulih, dan penghasilannya tambah sehingga bisa benerin warung kopi tertua yang ada di Sikunir ini," ungkap Sandiaga.

Adapun kunjungan Sandiaga ini terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun ini Desa Sembungan masuk sebagai 50 desa wisata terbaik.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Gelar Bimtek Kekayaan Intelektual di Batang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:39 WIB
X