Inilah Sejarah Munculnya Perintah Puasa Asyura 10 Muharram untuk Umat Muslim

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:39 WIB
Ilustrasi, sejarah munculnya perintah puasa Asyura 10 Muharram untuk umat muslim (Freepik)
Ilustrasi, sejarah munculnya perintah puasa Asyura 10 Muharram untuk umat muslim (Freepik)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM-- Yuk simak informasi tentang sejarah munculnya perintah puasa Asyura 10 Muharram untuk umat muslim.

10 Muharram atau hari Asyura merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW pernah menjadikan 10 Muharram untuk mengamalkan puasa sunah sebagai bentuk syukur kepada Allah atas peristiwa-peristiwa penting bagi para nabi dan rasul terdahulu.

Mengutip dari Nu Online, sejarah munculnya perintah puasa Asyura 10 Muharram berawal dari ketika Nabi Muhammad hihrah dari Makkah ke Madinah.

Baca Juga: Bacaan Dzikir Hari Asyura 10 Muharram, Amalan yang Dianjurkan Selain Puasa

Setelah hijrah dari Makkah ke Madinah, Nabi Muhammad SAW mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa pada hari Asyura, maka beliau memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Asyura.

Dari sahabat Abdullah bin Abbas radliyallahu 'anh beliau berkata: “Tatkala Nabi Muhammad datang ke kota Madinah, beliau mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa di hari Asyura, lantas beliau bersabda kepada mereka, 'Hari apa yang kalian sedang berpuasa ini?'

Mereka menjawab, 'Hari ini adalah hari yang agung. Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya pada hari ini dan menenggelamkan Fir’aun beserta pasukannya. Maka Musa berpuasa pada hari ini sebagai rasa syukur dan kami turut berpuasa.’

Baca Juga: Doa-doa Hari Asyura Arab, Latin dan Artinya, Dibaca di Tanggal 10 Muharram atau 8 Agustus 2022

Maka Rasulullah bersabda, 'Maka kami dengan Musa lebih berhak dan lebih utama daripada kalian.’ Maka Rasulullah berpuasa dan memerintahkan berpuasa.” HR Bukhari dan Muslim.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X