G30S PKI Memanas, 5 Situasi Ini Terjadi Sebelum Tragedi Bergejolak

- Selasa, 27 September 2022 | 12:33 WIB
Terdapat 5 situasi yang dapat dirangkum terkait peristiwa menjelang G30S PKI hal ini menjadi sebuah sejarah bangsa yang mengenaskan dan akan terus terkenang. (Pikiran Rakyat)
Terdapat 5 situasi yang dapat dirangkum terkait peristiwa menjelang G30S PKI hal ini menjadi sebuah sejarah bangsa yang mengenaskan dan akan terus terkenang. (Pikiran Rakyat)

AYOSEMARANG.COM – Kala itu pada 30 September 1965 malam sampai 1 Oktober 1965, terjadi peristiwa G30S PKI yang menjadi momen bersejarah bangsa Indonesia.

Peristiwa G30S PKI ini terjadi pada saat tujuh jendral militer dan satu perwira Indonesia serta beberapa orang lainnya terbunuh dalam sebuah usaha kudeta.

Dikutip dari jurnal Gerakan 30 September 1965 dalam Perspektif Filsafat Sejarah Marxisme karya Harsa Permata, memaparkan terkait hal-hal yang menjadi latar belakang terjadinya G30S dilakukan oleh dalangnya, yaitu Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Diketahui, PKI dianggap berkeinginan untuk merebut kekuasaan dan mengubah haluan atau ideologi negara Indonesia yang tadinya Pancasila menjadi Komunis.

Baca Juga: Mengungkap Pasukan Elite Presiden 'Tjakrabirawa' yang Terseret G30S PKI

Tetapi tak hanya itu, ada pula beberapa faktor pendukung lainnya yang menjadi alasan fundamental terjadinya G30S PKI, hal itu memiliki tendensi tujuan masing-masing.

Situasi sebelum terjadinya G30S PKI

Dikutip dari laman bemu.umm.ac.id, dalam judul "Menolak Lupa Kekejaman PKI Pada G30S/PKI", dijelaskan bahwa terdapat 5 situasi sebelum terjadinya peristiwa G30S PKI pada 30 September-1 Oktober 1965, yaitu:

  1. Dominasi ideologi NASAKOM

Ideologi NASAKOM atau Nasionalisme, Agama, dan Komunisme pada masa presiden Soekarno diberlakukan dengan seimbang saat masa Demokrasi Terpimpin yakni 1959-1965. 

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X