Sepak Terjang Sesar Garsela Sebabkan Gempa Bumi di Jawa Barat Sejak 2008, Seberapa Berbahaya?

- Selasa, 6 Desember 2022 | 12:44 WIB
Bencana gempa bumi dari Sesar Garsela dianggap tidak berbahaya meski aktif sejak 2008 pada daerah rawan Garut, Jawa Barat. (istimewa)
Bencana gempa bumi dari Sesar Garsela dianggap tidak berbahaya meski aktif sejak 2008 pada daerah rawan Garut, Jawa Barat. (istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Bencana gempa bumi yang terjadi pada daerah rawan Garut, Jawa Barat, menimbulkan spekulasi dalang kepada Sesar Garsela yang dianggap tidak berbahaya sejak 2008 silam.

Meski kehadirannya telah diakrabi sejak 2008, Sesar Garsela diketahui tidak berbahaya karena hanya mendatangkan goncangan gempa bumi skala kecil tak terkecuali pada daerah rawan seperti Garut dan sekitaran Jawa Barat biasanya.

Tapi apakah Sesar Garsela yang aktif sejak 2008 itu benar-benar tidak berbahaya untuk dikhawatirkan bagi masyarakat Jawa Barat? Apalagi dengan kabar terjadinya gempa bumi yang melanda Garut beberapa hari ini.

Baca Juga: Sesar Garsela Disebut Biang Keladi Gempa Garut, Ternyata Punya Predikat Sebagai Mimpi Buruk Tanah Jabar

Terjadinya gempa baru-baru ini yang berkekuatan Magnitudo 6,4 di hari Sabtu 3 Desember 2023pukul 16.49 WIB diketahui dirasakan sejumlah wilayah hingga Cianjur.

Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti masyarakat kalau gempa Garut itu tak ada hubungannya dengan gempa Cianjur.

Tidak ada hubungannya karena lahir dari sumber yang berbeda keduanya.

Apalagi isu lain yang juga mengatakan kalau gempa terbaru tersebut bersumber dari Sesar Garsela.

Baca Juga: 27 Kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta Ditetapkan Jadi Daerah Rawan Gempa Bumi, Waspada Sesar Aktif!

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X