Ingin Upacara HUT RI 17 Agustus 2022 di Gunung Semeru? Cek Status Jalur Pendakiannya, Masihkah Ditutup?  

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:37 WIB
Ilustrasi EUFORIA perayaan HUT Kemerdekaan RI di puncak gunung tertinggi (foto/haluanriau.com)
Ilustrasi EUFORIA perayaan HUT Kemerdekaan RI di puncak gunung tertinggi (foto/haluanriau.com)

AYOSEMARANG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang terus memperbarui status Gunung Semeru.

Pihak terkait mengungkapkan kondisi terbaru Gunung Semeru terkini adanya ancaman berupa banjir lahar, hujan atau endapan material sisa erupsi pada puncak dan lereng yang terbawa oleh hujan.

Peringatan itu disampaikan Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi pada Jum’at, 5 Agustus 2022, melansir dari PikiranRakyat.com, jejaring AyoSemarang.com.

"Saat ini sudah masuk musim kemarau, namun bukan berarti ancaman banjir lahar dari Gunung Semeru sudah tidak ada, sebab sampai sekarang cuaca di sekitar puncak sering tertutup mendung, artinya masih ada potensi terjadi hujan dan memicu terjadinya banjir lahar,” katanya.

Baca Juga: Punya Summit Super Epic! Ini 9 Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Upacara Bendera 17 Agustus

Dengan kondisi tersebut, Patria tetap mengimbau kepada masyarakat terutama para penambang yang beraktivitas di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru agar tetap waspada.

Gunung Semeru (ist - NDEPENDEN MEDIA)

"Bagi para penambang pasir, kami tidak henti-hentinya menghimbau agar warga tetap waspada dan saling tukar informasi terkait perubahan cuaca di sekitar Gunung Semeru, kita larang untuk tidak beraktifitas juga tidak mungkin, karena alasan perut," imbuhnya.

Ia juga menambahkan agar warga setempat untuk lebih mengenali tanda-tanda alam, terlebih apabila cuaca hujan disertai mendung.

Halaman:

Editor: Wahyu Vitaarum

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Tiket Masuk Wisata Embung Bansari Temanggung

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:47 WIB

3 Wisata Sejarah Candi yang Ada di Wilayah Temanggung

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Tips Mendapatkan Penerbangan Murah, Traveling Hemat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X