Dari SO DIM hingga DDR3 RAM, Kenali 10 Jenis RAM serta Fungsinya

- Senin, 15 Agustus 2022 | 21:20 WIB
Jenis-jenis RAM beserta fungsinya (Pixabay)
Jenis-jenis RAM beserta fungsinya (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM -- Kepanjangan RAM adalah Random Access Memory. RAM adalah tempat untuk menyimpan data sementara ketika komputer atau laptop sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak.

Secara harfiah, RAM adalah tempat penyimpanan memori sementara ketika komputer tengah digunakan. Jadi memori penyimpanan RAM memang bersifat tak permanen atau hanya sementara.

Artinya, ketika komputer mati, RAM akan kembali kosong dan akan terpakai setelah dinyalakan kembali saat beraktivitas. Contohnya, ketika mengetik sebuah dokumen menggunakan Office, kemudian ditutup tanpa menyimpan terlebih dahulu.

Nah, dokumen yang diketik akan tersimpan di memori RAM dan nantinya kita bisa membuka dokumen tersebut melalui history terakhir dari Microsoft word tadi.

Baca Juga: 3 Laptop Terbaru dan Terbaik: Spesifikasi, Harga dan Penyimpanan

Fungsi RAM sangatlah penting, salah satunya adalah sebagai penyimpanan data sementara, jadi ketika kamu sedang melakukan suatu hal data yang kamu kerjakan akan sementara tersimpan dan terbaca pada RAM secara otomatis.

Hal itulah yang menentukan jika RAM besar dapat menyimpan banyak data yang kamu kerjakan, jadi mengurangi potensi dari lag ataupun lemot pada komputer, laptop maupun hp.

Mau tahu jenis-jenis RAM? Inilah daftar jenis-jenis RAM. Simak daftarnya.

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X