Perguruan Tinggi di Semarang Bersiap Kembali Terima Mahasiswa Asing

- Selasa, 18 Januari 2022 | 17:21 WIB
Acara Coffee Morning yang diinisiasi oleh IACO Unika Soegijapranata Semarang. (dok Humas Unika)
Acara Coffee Morning yang diinisiasi oleh IACO Unika Soegijapranata Semarang. (dok Humas Unika)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Beberapa negara yang awalnya di masa pandemi masih close border, saat ini mulai membuka kembali untuk bisa menerima kedatangan mahasiswa asing termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, kampus di Tanah Air perlu mempersiapkan segala sesuatunya, diantaranya adalah tentang Proses Clearance House dan Penerbitan Visa yang dikelola oleh Kantor Urusan Internasional pada masing-masing perguruan tinggi.

“Kami memang mengajak beberapa perguruan tinggi untuk bersama-sama belajar tentang persiapan kedatangan mahasiswa asing atau international student di masing-masing perguruan tinggi. Selain itu kita juga memperkenalkan IACO Unika Soegijapranata dengan beberapa kegiatan yang sudah diagendakan, diantaranya adalah penyelenggaraan acara ‘Winter Camp’ pada tanggal 20 hingga 22 Januari mendatang yang mengundang mahasiswa asing dan mahasiswa lokal atau Indonesia,” ungkap Kepala International Affairs & Cooperation Office (IACO) Unika Soegijapranata Semarang Angelika Riyandari di sela-sela acara Coffee Morning yang diinisiasi oleh IACO Unika Soegijapranata, di Orange Brown Cafe & Imperial Bakery Semarang, Senin 17 Januari 2022.

Baca Juga: Tretan Muslim Jual NFT Foto Dustin Tiffany di OpenSea, Laku Besar!

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Unika Soegijapranata Dr R Probo Yulianto Nugrahedi STP MSc, Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Adhrial Refaddin SIP MPP, serta dua narasumber yaitu Abdul Rohman SS dan Anas Fauzi SPd.

Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Adhrial Refaddin menjelaskan internasionalisasi ini menjadi penting saat Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim mencanangkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu strateginya adalah dengan memberikan hak kepada mahasiswa untuk mendapatkan kredit di luar Prodinya.

''Untuk meningkatkan kapasitas dan citra perguruan tinggi di dunia internasional, salah satu pendekatannya dengan mendatangkan mahasiswa asing ke Indonesia dan melakukan kerjasama internasional.''

Selama hampir dua tahun ini, lanjut dia, kegiatan tersebut terhambat atau mati suri karena pandemi covid 19. ''Momentum ini mulai muncul dan IACO Unika menjawab momen ini, dengan tujuan untuk mengembalikan semangat internasionalisasi pada masing-masing perguruan tinggi di Provinsi Jawa Tengah khususnya di Semarang dan sekitarnya,'' jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Unika Soegijapranata Dr R Probo Yulianto Nugrahedi STP MSc menjelaskan permasalahan yang semakin dinamis terkait dengan prosedur masuknya mahasiswa asing pada masa pandemi covid 19 di Indonesia, mendorong International Affairs & Cooperation Office (IACO) Unika Soegijapranata untuk menyelenggarakan acara ini.

Baca Juga: Lirik Lagu Play, Debut Solo Yuju eks GFRIEND

“Kerjasama yang baik memang perlu terus ditingkatkan baik antar kampus negeri maupun swasta di lingkungan LLDIKTI VI maupun yang di luar LLDIKTI VI atau antar kampus di Semarang dan sekitarnya. Tentu saja dengan harapan untuk selanjutnya kegiatan ini bisa terus bergulir, dan bisa menjadi suatu tradisi yang baik, setidaknya di wilayah Semarang dan sekitarnya,”ucapnya. ***

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Suciati Calon Tunggal Rektor UPGRIS

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:34 WIB
X